News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membangun Kebersamaan Multi Pihak Melalui Acara Kopi Darat

Membangun Kebersamaan Multi Pihak Melalui Acara Kopi Darat

Surabaya Jawa Timur - Pelaksanaan pertemuan anggota forum bersama lintas komunitas (Formalitas) Jawa Timur, mendapat apresiasi positif  dari semua peserta yang hadir lantaran acara tersebut berjalan lancar, sesuai harapan. Walaupun sempat terhalang hujan, yang turun sejak sore hari.

"Selamat atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga jalinan tali seduluran semakin erat dan programnya juga bermanfaat,” ujar Basuki, pengurus komunitas tanggap gawat darurat (KTGD), ketika dihubungi lewat selulernya, Kamis (31/03/2022).

Semua peserta dari berbagai komunitas, dengan penuh semangat memadati Angkringan BaseCamp, Rungkut Utara, Surabaya, dan tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya turut serta mencegah perkembangan virus covid-19 dengan varian omicron yang mencemaskan.

Pertemuan ini menjadi ajang kangen-kangenan antar komunitas pecinta alam yang sudah lama tidak bertemu. Mereka berbagi cerita dan pengalaman  dalam menyelenggarakan kegiatan kepecinta alaman yang dilakukan, khususnya sebelum pandemi yang mulai muncul di awal tahun 2020.

Namun dikarenakan pandemi covid-19 yang berkepanjangan dan mengharuskan semua masyarakat melakukan “social distancing” untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, maka kegiatan yang dilakukan bersama di alam bebas, terpaksa dihentikan.


“Semoga dengan pertemuan ini bisa tercetus program bersama terkait dengan peningkatan kapasitas pendaki gunung dan penjelajah rimba, dan upaya pelestarian lingkungan, serta bisa berperan serta dalam upaya pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim,” tambahnya.

Sambil mendengarkan permainan gitar akustik dari grup band akustik "Kopi Manis Dan Senja" yang menghangatkan suasana, tercetus beberapa rencana program bersama di bulan april, yang bertepatan dengan bulan ramadhan. Diantaranya kegiatan berbagi Takjil, santunan anak yatim, dan Sahur on The Road. Namun semua masih menunggu kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi yang sulit diprediksi.

Beberapa peserta menceritakan program komunitas sebelum pandemi, yang dilakukan secara rutin dengan melibatkan banyak orang, diantaranya adalah gerakan bersih-bersih gunung, operasi bersih-bersih  sampah di pantai, pendakian bersama, saling kunjung saat ada komunitas yang mengadakan Anniversary Camp, dan kegiatan sejenis lainnya, dalam rangka mempererat persaudaraan.


“Tidak menutup kemungkinan, ke depan kegiatan kawan-kawan Formalitas bersinergi dengan forum pengurangan risiko bencana untuk berbicang tentang pengurangan risiko bencana dan program satuan pendidikan aman bencana,” kata Haris Permana Putra Pengurus Formalitas Jatim , mengakhiri penjelasannya tentang kegiatan kopi darat dengan tema ‘Kumpul Bersama Perkuat Persaudaraan’ yang diselenggarakan selasa (29/03/2022) malam hari. [eb]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment