News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum PRB Jawa Timur Dan Dunia Usaha Melakukan Bakti Sosial Bersama

Forum PRB Jawa Timur Dan Dunia Usaha Melakukan Bakti Sosial Bersama

Lumajang Jawa Timur – Pos bersama (Posma) Forum PRB Provinsi Jawa Timur, telah kedatangan tamu perwakilan dari PT. Otsuka untuk menjajagi kerjasama antar pihak terkait dengan kegiatan bakti sosial perusahaan membantu masyarakat di wilayah Candi Puro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung penuh keakraban, dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Rencananya, kegiatan bakti sosial itu akan dilaksanakan pada (18 s.d 20/03/2022), dengan mengajak relawan yang ada di Posma. Karena mereka telah memiliki data masyarakat yang terdampak dan masih perlu mendapat perhatian.

 "Alhamdulillah pertemuan lancar, sudah ada kesepahaman antar kedua belah pihak untuk melaksanakan kegiatan bersama. Semoga adanya kegiatan seperti ini membawa manfaat bagi masyarakat terdampak,” kata Alfin melalui telepon selulernya, kamis (10/03/2022).

Adapun rencana kegiatan yang di maksud adalah bersama-sama membersihkan lokasi terdampak, dimana saat ini masih banyak kayu-kayu bekas bangunan yang teronggok, serta sampah plastik yang berserakan.


“Selain itu, nanti mereka akan melibatkan relawan untuk melakukan pendampingan kepada warga terdampak dalam pembuatan paving block serta ternak ayam untuk pemberdayaan ekonomi warga pasca bencana,” masih kata pria yang aktif sebagai pengurus Forum PRB bidang peningkatan kapasitas.

Sementara, Gleen, wakil dari PT Otsuka, mengatakan bahwa, sebetulnya rencana itu sudah pernah dibahas bersama dengan Forum PRB, yang melibatkan berbagai elemen pentahelix

“Waktu itu kita sepakat akan melaksanakan bakti sosial tanggal (4 s.d 6/03/2022) kemarin, namun terpaksa ditunda karena pimpinan  perusahaan belum mengijinkan, terkait dengan kebijakan yang berhubungan dengan maraknya pandemi covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan program perusahaan membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru. Dimana sampai sekarang masih sering terjadi, walaupun dalam sekala kecil.

Setelah selesai rapat membahas kerjasama di Posma, mereka melakukan survey ke wilayah terdampak, diantaranya ke daerah Kamar Kajang yang memang kondisinya cukup parah, bahkan hingga saat ini masih banyak rumah-rumah yang tertimbun pasir. Tentunya upaya pembersihannya harus melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat pemilik lahan.


Setelah dari lapangan, dilanjutkan melakukan survei rumah yang akan dijadikan sekretariat selama kegiatan. Kegiatan membangun kerjasama ini diakhiri dengan penyerahkan bantuan berupa minuman dalam kemasan dari PT Otsuka kepada relawan di Posma Forum PRB.

Semoga kerjasama ini terus berlanjut ke depannya, bukan hanya pada saat tanggap darurat saja, tetapi di semua fase penanggulangan bencana baik itu pra, saat, maupun pasca bencana sebagai perwujudan dari keterlibatan dunia usaha dalam pelaksanaan program Forum PRB.

"Saya ucapkan terimakasih kepada PT Otsuka yang telah berkenan bekerjasama membantu masyarakat terdampak. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut sebagai wujud sinergitas antar elemen pentahelix dalam kerja-kerja kemanusiaan, terkait dengan upaya pengurangan risiko bencana," kata Alfin lewat selulernya. [eB]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment