News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum Kota Batu Sehat Telah Memiliki Sekretariat Berbasis Komunitas

Forum Kota Batu Sehat Telah Memiliki Sekretariat Berbasis Komunitas

Kota Batu Jawa Timur – Forum Kota Batu Sehat telah mewujudkan pendirian Sekretariat mandiri diluar lingkungan Balai Kota Among Tani. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forum Kota Batu Sehat periode 2022 – 2025 Stefanus Catur Wicaksono Rabu (16/03/2022) di Sawah Rojo Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur yang terletak belakang Balai Kota Among Tani.

 

Menurut S. Catur Wicaksono saat ditemui Rabu (16/03/2022) menyampaikan, “Untuk memenuhi harapan dari Tim Verifikasi tingkat Provinsi Jawa Timur saat melakukan verifikasi lapangan tahun 2020, diharapkan Forum Kabupaten/Kota Sehat memiliki sekretariat diluar lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Saat ini kami telah mewujudkan hal tersebut dengan mendirikan sekretariat mandiri di Sawah Rojo ini. Selain berfungsi sebagai sekretariat, tempat ini juga telah tersedia tempat kuliner sehat dan tanaman sehat yang bisa langsung dimanfaatkan oleh warung sehat yang ada. Pengunjung juga bisa membeli tanaman organik yang telah kami sediakan didalam polybag.”


“Gagasan mendirikan Sekretariat/Kantor Kota Batu Sehat ini mulai dibuka sejak Oktober 2021. Langkah kami menjaga lingkungan tanpa menggunakan pestisida, selanjutnya nanti akan ada tambulampot (tanaman bunga dalam pot). Forum Kota Batu Sehat tidak hanya sekedar wacana, kami akan menunjukkan kegiatan yang nyata. Menunggu sticker layak sehat dari Dinas Kesehatan, bila ada kunjungan untuk lokus dan verifikasi lapangan. Supaya tidak sekedar bangunan saja. Semoga dengan kondisi ini pengembangan Kota Sehat bisa semakin bergerak, agar jadi inspirasi Pokja Desa Kelurahan di Kota Batu tentang KRPL, dan Pengolahan Sampah. Tiga tahun kedepan akan mencoba melangkah dengan dukungan Bappelitbangda dan Dinkes serta dukungan OPD yang lainnya, “tambahnya.


“Sawah Rojo ini pengunjungnya berbasis komunitas, jadi selain pengunjung dari Balai Kota Among Tani juga hampir setiap hari bisa disaksikan beberapa komunitas di Kota Batu selain menikmati kuliner yang tersedia juga untuk rapat komunitas mereka. Pagi tadi juga ada anggota DPRD Batu Hari Danah Wahyono yang berdiskusi dengan beberapa pelaku wisata di Kota Batu seperti Wawan Kaliwatu,” tutur S. Catur Wicaksono mengakhiri penjelasannya.


Sebagai tanda telah diresmikan penggunaan sekretariat Forum Kota Batu Sehat dengan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Forum Kota Batu Sehat periode 2015 – 2021 Salma Safitri dan Ketua Forum Kota Batu Sehat periode 2022 – 2025 S. Catur Wicaksono. Acara tersebut selain dihadiri oleh pengurus Forum Kota Batu Sehat, juga dihadiri 3 orang perwakilan dari Bappelitbangda dan 3 orang dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Erwin)

 

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment