News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aksi Bersih-bersih Masjid Jelang Bulan Ramadhan

Aksi Bersih-bersih Masjid Jelang Bulan Ramadhan

Surabaya Jawa Timur - Komunitas Gerakan Resik-Resik Masjid Surabaya (KGRMS), secara rutin melakukan kerja bakti di beberapa Masjid. Kegiatan ini didahului dengan survei ke Masjid yang menjadi sasaran, untuk minta ijin kepada takmirnya.

Setelah dicapai kesepakatan untuk bersama-sama membersihkan Masjid, Minggu (13/03/2022), mereka membersihkan Masjid Baiturrahman, Tempur Rejo, Kelurahan Kenjeran, Surabaya. Menjelang bulan ramadhan ini, sudah ada beberapa Masjid yang siap dibersihkan.

Ungkapan “kebersihan adalah sebagian dari iman” membuat KGRMS tergerak untuk membersihkan Masjid sebagai ladang amal untuk belajar menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya. Tempat ibadah sendiri identik dengan sifatnya yang suci dan bersih. Apalagi bagi umat islam yang memang diajarkan mengenai Thaharah, maka kebersihan Masjid patut menjadi perhatian.


“Kegiatan ini juga sebagai upaya menjalin silaturahmi antar sesama muslim sekaligus memupuk budaya gotong royong dalam melakukan kegiatan bersama-sama untuk kemaslahatan bersama,” kata salah satu peserta kegiatan ini yang enggan disebutkan jati dirinya.

Memang, tim survei selalu berusaha mengajak pengurus takmir terlibat dalam kegiatan ini, sekaligus mengarahkan kepada peserta bersih-bersih Masjid agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Mereka pun bersama-sama membersihkan Masjid. Mulai dari membersihkan sarang laba-laba yang berada dilangit-langit, membersihkan dinding keramik dan kaca menggunakan kain lap, merapikan kembali rak-rak Al-Qur’an serta lemari tempat mukena. Tidak lupa menyapu, mengepel lantai luar maupun dalam Masjid. Pembersihan sanitasi pun dilakukan dengan membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu.

Harapannya, kegiatan ini akan terus berlangsung secara istiqomah dan berkelanjutan dari Masjid satu ke Masjid lainnya, dengan diikuti oleh seluruh anggota KGRMS, sehingga tampak keguyubannya dalam ber lomba untuk berbuat kebaikan (fastabiqul khairat). Munngkin, di bulan ramadhan nanti kegiatan dihentikan agar tidak mengurangi kesuciannya.


“Kawan-kawan percaya akan Hadist Riwayat Ahmad, Ath-Thabrani, Ad-Daruqudni, yang mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (sesamanya). Semua itu akan menjadi ladang pahala,” kata Ketua KGRMS, penuh keyakinan.

Dalam kesempatan itu, kawan-kawan KGRMS juga membuka diri, jika Forum PRB bergabung untuk saling belajar pengurangan risiko bencana, agar mereka paham dan dapat berkontribusi dalam upaya sosialisasi PRB di Kota Surabaya, yang menjadi agenda para pegiat kebencanaan. [eB]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment