News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Warga Kasembon Kerjabakti Mengantisipasi Wabah Demam Berdarah Dan Potensi Bancana

Warga Kasembon Kerjabakti Mengantisipasi Wabah Demam Berdarah Dan Potensi Bancana

Kabupaten Malang Jawa Timur – Untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat perlu dilakukan kegiatan kerja bakti secara berkelanjutan dan perlu keterlibatan dari seluruh masyarakat Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (11/02/2022) ini bertujuan untuk mencegah timbulnya wabah demam berdarah dengue (BDB), yang akan memperparah pandemi covid-19 dengan varian baru yang bernama omicron.

Kasiyanto selaku camat Kasembon, dengan didampingi Kapolsek, Danramil, dan petugas dari Puskesmas, merangkul anggota Komunitas gerakan masyarakat peduli alam dan lingkungan (GEMPALL) Indonesia, melakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan kerja bakti ini dimulai dari  Dusun Sumbersuko, Desa Sukosari,  dilanjutkan ke Desa Kasembon, Desa Wonoagung, dan terakhir di Desa Pait. 

Sasarannya adalah membersihkan semak-semak, mengambil sampah yang ada di sungai agar alirannya lancar, dan menanami lahan kosong dengan tanaman produktif. Disamping itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah membersihkan lingkungan agar selalu asri dan nyaman. Karena di musim panca roba seperti ini banyak penyakit yang timbul, termasuk mengantisipasi kemungkinan bahaya banjir dan longsor. 

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan yang harmonis dan semangat gotong royong antara berbagai pihak dalam rangka melakukan upaya pengurangan risiko bencana. Mengingat di wilayah Kecamatan Kasembon ada potensi bencana banjir dan longsor.

“Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sebagai upaya mencegah timbulnya penyakit sekaligus menjaga keasrian lingkungan,” Kata Windu, Kapolsek Kasembon, sekaligus juga sebagai salah satu penasehat Komunitas GEMPALL Indonesia.

Sejak merebaknya pandemi covid-19, pihak Kecamatan mengagendakan kerja bakti massal secara berkala. Diantaranya berupa penyemprotan disinfektan. Terkait pandemi covid-19 ini, berbagai komunitas yang ada, termasuk Forum PRB Kecamatan Kasembon,  Jangkar Kelud, BANSER, ANSOR, MDMC PECALANG RAPI se Kecamatan Kasembon, komunitas OMMA (ora mung maido), dan lainnya, secara mandiri juga melakukan gerakan sosial penyemprotan disinfektan, pembagian sanitizer dan masker, serta melakukan penyuluhan protokol kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kasembon. [sur]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment