News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Probolinggo Antisipasi Bencana Dengan Membentuk Destana

Kota Probolinggo Antisipasi Bencana Dengan Membentuk Destana

Kota Probolinggo Jawa Timur -  Kepala bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana (Kabid PK-BPBD) Provinsi Jawa Timur, Andika, berkenan menghadiri acara Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana di Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo Jawa Timur, Kamis (10/02/2022).

 “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kebencanaan bagi warga setempat sehingga dapat mengenali potensi bencana yang ada di daerahnya untuk kemudian bisa melakukan pencegahan dan mengurangi risikonya secara mandiri,” katanya memberi motivasi kepada peserta.


Secara tersirat, pelatihan ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi potensi bencana yang ada di daerahnya. Karena merekalah yang menjadi korban pertama, sekaligus melakukan pertolongan sebelum bantuan dari pihak luar berdatangan dengan membawa berbagai bantuan.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai unsur yang mewakili Kelurahan Kebonsari Kulon, dimana nantinya mereka akan bertanggungjawab dalam upaya pengurangan risiko bencana di daerahnya, sekaligus menumbuhkan budaya sadar bencana yang mengedepankan ketangguhan dan kesiapsiagaan mayarakat secara mandiri.

Pesertanya sangat antusias mengikuti pemaparan materi dari Ratna, seorang fasilitator yang ditunjuk mewakili Forum PRB Jawa Timur untuk mendampingi proses pembentukan destana di Kota Probolinggo.

Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana ini merupakan upaya yang dilakukan BPBD membangun kesadaran masyarakat akan potensi bencana yang ada di daerahnya, sekaligus dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dan penyelamatan mandiri dan tidak tergantung pada pihak luar.


Ratna, sebagai fasilitator kegiatan ini, sangat berharap mereka yang ditunjuk mengikuti kegiatan ini bisa mengaplikasikan dalam kegiatan selanjutnya setelah pelatihan ini. Artinya, Destana yang ada di kelurahan Kebonsari Kulon bisa lestari dan mandiri dengan program yang bermanfaat dalam pengurangan risiko bencana.

“Pada dasarnya, destana ini sebagai upaya membangun kesadaran bahwa merekalah yang bisa menjadikan masyarakat kelurahannya tangguh dalam menghadapi bencana, serta meminimalisir kerugian dari dampak bencana,”Kata Ibu berputera satu ini menyudahi pembicaraan lewat sambungan selulernya. [eB]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment