News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan Forum PRB Jatim Berharap Mendapatkan Pelatihan LDP (Layanan Dukungan Psikososial)

Relawan Forum PRB Jatim Berharap Mendapatkan Pelatihan LDP (Layanan Dukungan Psikososial)

Lumajang Jawa Timur – Bencana awan panas guguran Gunung Semeru meninggalkan trauma yang mendalam bagi para penyintas, terutama anak-anak dan kelompok rentan. Untuk itulah pos bersama (Posma) Forum PRB Jawa Timur, disamping mencoba melayani kebutuhan warga terdampak, juga memberikan layanan dukungan psikososial (LDP), agar tidak muncul trauma berkepanjangan.

Beberapa relawan yang ada di pos bersama, mencoba mengembalikan keceriaan anak-anak dan keluarga penyintas banjir dengan menggelar LDP, di lapangan Kecamatan Candipuro, Minggu, (23/1/2022).

Disampaikan oleh Zainal Fatah, yang sedang piket di Posma Selasa (25/1/2022), bahwa kejadian bencana pada umumnya membawa pengaruh besar bagi korban, termasuk kehilangan harta benda bahkan jiwa.

"Bencana juga mengganggu fungsi psikososial korban dan semua itu berpengaruh terhadap ketidakmampuannya dalam memenuhi kebutuhan dasar karena kesedihan yang berkepanjangan," ujarnya.

Oleh karena itu, peran relawan, khususnya yang memiliki kapasitas LDP dan edukasi perlu dilibatkan dalam mendampingi para penyintas, dengan harapan mereka bisa segera menjalani kembali kehidupannya sebagaimana sebelum mengalami bencana.

"Mungkin ke depan BPBD dan Dinas Sosial bisa mengadakan pelatihan LDP kepada komunitas relawan dan agen bencana, sehingga akan semakin banyak dari mereka yang mampu melakukan pendampingan dan LDP kepada penyintas," kata Zulhaini  relawan yang lainnya sambil menyiapkan paket bantuan.


Tim LDP untuk anak-anak dipimpin Zainal, dengan materi bermain, bernyanyi, dan mewarnai untuk meringankan kecemasan yang mereka alami akibat bencana, serta bagi-bagi makanan kecil.

Sedangkan kegiatan LDP terhadap penyintas lansia didampingi Ratna Aji, dengan memberi motivasi agar mereka segera bangkit kembali menata kehidupnnya pasca bencana.

"Layanan Dukungan Psikososial (LDP) merupakan satu bentuk pelayanan yang diperuntukkan bagi korban yang mengalami trauma akibat bencana. LDP dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan-penguatan sosio psikologis lainnya," ujar Zulhaini, mensitir buku panduan LDP.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan tim LPBI-NU, dan beberapa komunitas relawan yang sering ikut jagongan di pos bersama. Seperti diketahui bahwa pos bersama itu juga berfungsi sebagai tempat untuk saling bertukar pengalaman dan informasi antar relawan dari berbagai daerah.

“Semoga acara berbagi info di posma bisa menjadi bahan pembelajaran bersama sekaligus mempererat tali persaudaraan kita sebagai relawan penanggulangan bencana,” tambahnya penuh harap.

Zainal Fatah yang juga bertanggungjawab pada Desk Relawan, menyampaikan apresiasi kepada relawan yang berpartisipai dalam kegiatan tersebut. Dia berharap apa yang telah dilakukan tersebut dapat memulihkan kembali kondisi para korban APG Gunung Semeru. [ros]

 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment