News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Posma Sumberwuluh Memberikan Apresiasi Atas Dedikasi Relawan Wana Rescue Kediri Selama Bertugas Di Semeru

Posma Sumberwuluh Memberikan Apresiasi Atas Dedikasi Relawan Wana Rescue Kediri Selama Bertugas Di Semeru

Lumajang Jawa Timur - Setelah bertugas beberapa minggu di pos bersama (Posma) Forum PRB (Pengurangan Risiko Bencana) Jawa Timur di Sumberwuluh, Krajan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, tibalah saatnya kawan-kawan relawan Wana Rescue, dari Kota Kediri pamit undur diri. Barang-barang yang akan dibawa pulang telah dikemasi dan dimasukkan ke dalam truk. Rombongan tersebut dipimpin Joko Ajie akan pulang, kembali menjalani rutinitas hidup sehari-hari.

Acara perpisahan berlangsung sederhana di Posma, Sabtu (01/01/2022). Dengan sedikit haru, mereka saling bersalaman. Warga sekitar Posma juga ikut menghantarkan kepergian mereka.

Warga yang selama ini terbantu oleh kehadirannya, menyampaikan terimakasih. Karena merekalah, kebutuhan warga tercukupi, khususnya masalah makanan, obat-obatan dan kebutuhan lain yang sulit dipenuhi sendiri karena keterbatasannya.


“Kami mewakili warga di sini mengucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan relawan atas support dan kerjasamanya selama ini,” kata Alfin, salah seorang relawan yang masih bertahan di Posma, mewakili warga.

Keberadaan relawan di Posma Sumberwuluh banyak membantu warga, juga membantu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dalam upaya penanganan bencana awan panas guguran Gunung Semeru. Mereka turut melakukan evakuasi harta warga ke tempat yang aman, juga mencari korban bencana yang belum ketemu. Secara rutin mereka juga membantu distribusi logistik, layanan psikososial dan membersihkan jalan dan rumah dari material Semeru.

Atas informasi dari warga, mereka berhasil mengevakuasi truk milik warga, Keberhasilannya disambut baik oleh warga sekitar dengan penuh bahagia. Ucapan terimakasih bermunculan dari warga kepada relawan yang turut mengevakuasi.

Menurut keterangan Alfin, yang diberi tugas BNPB untuk mengelola desk relawan, mengatakan bahwa, di Posma tersedia logistik yang cukup melimpah dari para donator, untuk di distribusikan ke warga yang membutuhkan.


“Warga bisa datang sendiri ke Posma untuk meminta barang sesuai yang dibutuhkan, termasuk baju bekas layak pakai yang banyak tersedia. Bisa juga barang kebutuhan warga diantar oleh relawan lokal,” ujarnya saat dihubungi lewat sambungan selulernya.

Sementara, Joko Ajie Ketua Forum PRB Kota Kediri yang dihubungi secara online mengatakan bahwa, selama bertugas di wilayah Sumberwuluh, warga terdampak dan korban sangat kooperatif saat diberi bantuan sesuai kebutuhan, tidak saling berebutan.

“Dalam hal penanganan bencana, warga sangat proaktif membantu relawan, khususnya terkait dengan bantuan yang dibutuhkan dan informasi perkembangan situasi yang sangat berguna bagi relawan yang melakukan pencarian korban,” imbuhnya.

Masih menurut Joko Ajie, hal yang mengharukan adalah, ketika mereka memberi bantuan kepada korban yang kondisinya menyedihkan, juga saat menyantuni orang dengan gangguan jiwa. Termasuk jumlah bantuan yang diberikan kurang mencukupi.


Mbah Dharmo Ketua Forum PRB Jawa Timur saat dihubungi dalam komentarnya menyampaikan, bahwa dedikasi relawan Wana Rescue yang tinggi, tidak perlu diragukan lagi. “Terimakasih saudaraku semua atas kerjasamanya dalam misi  kemanusiaan, semoga Allah selalu memberikan kesehatan yang prima dan kemudahan dalam segala hal kepada kita semua, “tuturnya.

Alfin dalam sambutannya mengatakan, selamat jalan kawan, pengabdianmu sungguh luar biasa, tetap semangat dan jaga kesehatan. Sampai jumpa lagi di lain hari. Semoga pengabdian kawan-kawan mejadi ladang ibadah yang akan membawa keberkahan. Termasuk anak kucing dan anak monyet asli lereng Semeru yang di selamatkan dan dibawa ke Kediri untuk dirawat, semakin sehat dan menyenangkan sebagai kenangan terindah saat menunaikan tugas kemanusiaan di Semeru. [eB]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment