News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perlunya Refreshing Bagi Relawan Yang Sedang Menangani Self Healing

Perlunya Refreshing Bagi Relawan Yang Sedang Menangani Self Healing

Lumajang Jawa Timur - Self healing menjadi sebuah kebutuhan ketika kewajaran sudah menurun berganti dengan kejenuhan. Jika dibiarkan akan berpengaruh pada semangat melakukan kerja-kerja kemanusiaan.

Ada yang bilang bahwa, sebaiknya relawan yang sudah lama di lapangan harus dipulangkan untuk digantikan dengan tenaga baru, untuk mengurangi terjadinya dampak buruk pada relawan.

Termasuk, ketika relawan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan warga terdampak juga dapat membuat relawan justru mengabaikan kebahagiaan dan kesehatannya.

Agar kondisi kejiwaan relawan tetap segar, perlu kiranya ada kegiatan rekreatif untuk mengembalikan kebugaran jiwa dan raga relawan. Hal ini bisa berbentuk wisata alam, wisata kuliner maupun outbond activity.

Untuk itulah, Anin Faros, salah seorang penanggungjawab pos bersama (Posma) Forum PRB Jawa Timur, mengajak pengelola relawan yang mengelola Posma untuk sejenak rekreasi meninggalkan rutinitas kesehariannya.


“Kami sengaja mengajak santai sejenak, menjauh dari lokasi terdampak untuk menghilangkan penat dan rasa jenuh melaksanakan tugas pelayanan kepada penyintas,” ujarnya, ditemani Ratna Ningsih, Bendahara Forum PRB Jawa Timur Rabu (19/01/2022).

Masih kata ibu dua anak ini, lokasi refreshing yang dituju adalah Pintu masuk pendakian Gunung Semeru, yaitu Desa Ranupani Kec Senduro Kab Lumajang, Selasa (18/01/2022). Pemandangannya sangat indah dan masih alami. Tinggal penataan dan penambahan tanaman keras yang berfungsi sebagai penyimpan air tanah.

Seperti diketahui, sejak terjadi bencana awan panas guguran Gunung Semeru, Tim Forum PRB Jawa Timur mendapat mandat untuk mengelola Desk Relawan dan pos bersama, membantu warga terdampak sesuai kemampuan. Mereka juga melakukan pendataan dan melaporkan ke Posko Induk dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Ratna Ningsih, yang mensitir Kompas, mengatakan bahwa, Self healing adalah proses pemulihan yang dilakukan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Luka batin yang dimaksud termasuk gangguan psikologis, trauma, pengalaman buruk atau kejadian lainnya yang memberikan dampak buruk pada kondisi emosional.


“Diharapkan dengan melakukan refreshing ini kita semua bisa memahami diri sendiri, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi sehingga kembali bersemangat menghadapi pekerjaan terkait dengan misi kemanusiaan yang menyita waktu, tenaga dan pikiran,” Pungkasnya terkait denga perlunya self healing bagi relawan. [ros]

 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment