News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pentingnya Peningkatan Kapasitas Relawan Di Bidang Jurnalistik

Pentingnya Peningkatan Kapasitas Relawan Di Bidang Jurnalistik

Surabaya Jawa Timur - Konon, Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur sebagai wadah berkumpulnya seluruh elemen pentahelix di Jawa Timur, yang berkhidmat di bidang pengurangan risiko bencana, telah memiliki weblog yang diberi nama https://www.forumprbjatim.or.id/ .

Kata Mbah Gugel, Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di-update secara berkala, untuk menentukan sukses atau tidaknya blog.

Jelas konten dari blog yang dimiliki Forum PRB Jawa Timur ini adalah masalah-masalah yang terkait dengan kebencanaan. Mulai dari kegiatan rapat, seminar, pelatihan, lokalatih, penyusunan aneka dokumen kebencanaan, pendampingan destana, dan terlibat aktif di tiga fase penanggulangan bencana sebagai mitra kritis dari BPBD.

Masih kata Mbah Gugel, fungsi blog itu diantaranya adalah sebagai sarana publikasi dan sarana branding bagi komunitas tertentu sehingga kiprahnya dikenal luas oleh khalayak ramai.


Untuk itu, yang perlu dipikirkan sekarang adalah, bagaimana media online ini selalu ter-update menyuarakan semua kegiatan forum di berbagai tingkatan, untuk diketahui oleh semua pihak. Karena, sesungguhnyalah banyak pihak yang belum paham tentang keberadaan Forum PRB sebagai partner pemerintah dalam bidang peguranga risiko bencana (PRB).

Agar semua pihak yang berkecimpung dalam upaya PRB mau berkontribusi untuk “menghidupi” https://www.forumprbjatim.or.id/ , tidak ada salahnya jika pengurus Forum PRB yang membidangi ini, rajin “ngoprak-ngoprak” anggotanya untuk menulis dalam bentuk berita maupun opini tentang kegiatan yang dilakukan atau peristiwa yang dilihat.

Paling tidak, pinjam istilahnya Arif Erwinandi, seorang pewarta dari Kota Batu, “Kirimkan kepada kami data, foto, dan beberapa paragraf tulisan yag mengandung unsur 5 W dan 1 H, nanti kami yang akan mengolahnya,”.

Seperti diketahui, 5W+1H adalah rumus gaya pertanyaan yang digunakan untuk menemukan inti pesan atau membuat berita atau cerita. Hal itu karena rumus 5W+1H memiliki unsur sentral dari pesan atau cerita.  5W+1H sendiri berasal dari kata tanya bahasa Inggris yaitu what, who, when, why, where, dan how. Dalam bahasa Indonesia, pertanyaannya adalah apa, siapa, kapan, mengapa, di mana, dan bagaimana.

Mengingat Forum PRB Jawa Timur berisi praktisi dan akademisi yang sudah “akrab” masalah tulis menulis, maka tidak ada salahnya jika Forum PRB Jawa Timur mempunyai agenda pelatihan jurnalistik kebencanaan untuk relawan.

Kegiatan ini bisa dilakukan secara mandiri maupun bersinergi dengan pihak terkait, misalnya BDPB dengan bidang pencegahan dan kesiapsiagaan. Sedangkan materinya meliputi, cara menulis berita, mengenal bentuk tulisan, dan fotografi kebencanaan, dan lainnya sesuai ketersediaan narasumbernya.

Diklat ini, disamping untuk peningkatan kapasitas relawan dibidang jurnalistik, juga sebagai media mempererat tali pertemanan yang saling menguatkan tanpa melemahkan.

Tentu, pasca pelatihan jurnalistik, peserta diharapkan bisa membuat berita, serta mengembangkan berita menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca (seperti, in deep news, feature, maupun opini yang menggugah nurani pembacanya).

Paling tidak, kedepan peserta bisa memanfaatkan keberadaan weblog yang dimiliki Forum PRB Jawa Timur, dengan berbagai berita dan tulisan jurnalistik lainnya yang terkait dengan peristiwa kebencanaan di daerahnya. Salam Tangguh, Salam Literasi. [eBas]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment