News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pokja Desa Mojorejo Adakan Pelatihan Handycraft, Peserta Sangat Antusias Sekali

Pokja Desa Mojorejo Adakan Pelatihan Handycraft, Peserta Sangat Antusias Sekali

Kota Batu Jawa Timur – Aksi Desa Damai Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Sabtu (11/12/2021) mengadakan Pelatihan Handicraft bagi ibu-ibu rumah tangga bertempat di pendopo Bale Kanugrahan Desa Mojorejo Kota Batu. Aksi tersebut merupakan realisasi dari Rencana Aksi Desa (RADes), anggaran biaya dengan kerjasama  bersama Wahid Foundation.

Yuni Purwaningsih Ketua Forum Perempuan Desa Mojorejo menyampaikan, “Ada beberapa rencana aksi desa yang sudah dilaksanakan antara lain memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu muda dan ibu hamil Workshop Capacity Building Stunting.  Penguatan karakter perempuan dan anak dengan Workshop Pencegahan Kekerasan pada Ibu dan Anak dengan tujuan sebagai pencegahan dini dan kewaspadaan Desa Mojorejo terhadap aksi kekerasan yang mengarah pada tindakan terorisme ekstrimisme, yang sudah dilaksanakan seminggu lalu bertempat di Bale Kanugrahan ini. Workshop Capacity Building Stunting dengan narasumber dari Dinas Kesehatan, sedangkan Workshop Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak narasumbernya Ketua P2TP2A Kota Batu.”


“Untuk hari ini Pelatihan Handicraft sesuai dengan temanya membangun pemberdayaan perempuan dengan menciptakan kerajinan yang mempunyai nilai jual melalui ekonomi kreatif. Narasumbernya Ibu Samiati merupakan warga Desa Mojorejo yang memiliki keahlian menjahit dan menyulam. Peserta pelatihan juga mendapatkan 1 box bahan beserta peralatannya. Harapannya saat ibu-ibu mempunyai ketrampilan yang bisa dikerjakan di rumah, mereka memiliki ketrampilan yang bernilai jual akan memiliki ketahanan secara ekonomi. Sehingga bisa mandiri secara ekonomi, setidaknya tidak dipandang sebelah mata, bisa memiliki ketrampilan kreatif yang bisa membantu ekonomi keluarga. Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu perwakilan dari masing-masing RT (Rukun Tetangga) se Desa Mojorejo diambil 2 orang sejumlah 48 orang. Kemudian dari Pokja dan Forum Perempuan melihat kegiatan tersebut menarik sehingga pesertanya bertambah menjadi 58 orang, “ tuturnya.


“Pelaksanaan dibagi 3 sesi, sesi 1 dilaksanakan jam 08.00 s.d 10.00, sesi 2 jam 10.30 s.d 12.30 dan sesi ke 3 dilaksanakan jam 13.00 s.d 15.00. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari tgl 11, 12 Desember  2021 dan nantinya dilanjutkan hari Rabu 15 Desember 2021 kegiatan terakhir merupakan kegiatan finishing. Untuk hari ini baru pengenalan produk dan tekhnik dasar untuk menyulam. Karena ibu-ibu ini sebagian besar belum bisa menyulam dan belum bisa menjahit sehingga memang harus diajari dasar-dasarnya sejak awal.

[Erwin]

 






Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment