News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keberadaan Pos Bersama (Posma) Membawa Manfaat Berbagai Pihak

Keberadaan Pos Bersama (Posma) Membawa Manfaat Berbagai Pihak

Surabaya Jawa Timur - Pos Bersama (Posma) Forum PRB (Pengurangan Risiko Bencana) Jawa Timur, salah satunya didirikan di Desa Sumberwuluh Krajan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Sejak 7/12/2021 Posma berdiri hingga masa tanggap darurat usai dan dilanjutkan dengan masa transisi darurat. Dimana, salah satu kebijakan yang diambil adalah, akan menertibkan keberadaan relawan yang ikut turun di lapangan. Padahal, senyatanya Posma masih diperlukan masyarakat dan banyak pihak. Buktinya, banyak penyintas yang selalu menghubungi Posma manakala memerlukan pertolongan atau minta sesuatu yang diperlukan. Seperti sembako, pempers, dan kebutuhan lain yang tersedia di Posma.

 

Keberadaan Posma juga menjadi jujugan dari komunitas relawan dari berbagai daerah untuk koordinasi dan minta informasi sebelum melakukan aksi kemanusiaan di lokasi. Termasuk dunia usaha yang akan mengirimkan bantuan langsung ke warga terdampak, tanpa melalui Pos Komando.

Posma dibentuk oleh Forum PRB sebagai upaya membantu melayani, mendata, dan mengarahkan relawan yang akan membantu di lokasi bencana agar tidak saling tumpang tindih diantara mereka, sekaligus sebagai media koordinasi dan komunikasi antara relawan dan pemerintah daerah, dalam hal penanganan bencana. Termasuk mencari, menerima dan menyalurkan bantuan kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Bahkan ada komunitas relawan kemanusiaan dari Lamongan dan sebuah perusahaan ternama dari Pasuruan yang sengaja mampir ke Posma karena ingin mengenal lebih jauh tentang Forum PRB Jatim sebagai rumah bersama dari elemen pentahelix.

 

Alfin, salah seorang penjaga Posma, dengan singkat menjawab semua pertanyaan. Ada yang tanya tentang apa syarat untuk bisa bermitra dengan Forum PRB. Mereka berharap bisa berkolaborasi untuk belajar tentang kebencanaan, agar karyawan di perusahaannya paham tentang kesiapsiagaan dan ketangguhan menghadapi bencana.

“Kebetulan forum punya program SDSB, yang bisa diselenggarakan di lingkungan perusahaan saudara dalam rangka menambah wawasan terkait dengan kebencanaan. Mungkin waktunya kita bicarakan lagi setelah penanganan bencana Semeru, rampung,” ujarnya.


Konon, dimasa transisi ini ada kebijakan tentang penertiban keberadaan relawan di lokasi. Alasannya bisa mengganggu agenda masa transisi yang sedang diambil oleh pemerintah daerah Lumajang. Sementara, keberadaan Posma masih diperlukan berbagai pihak, termasuk Posko yang selalu meminta data perkembangan penanganan bencana semeru,  apakah juga harus ikut ditertibkan ?.

Kira-kira, siapa yang mampu menggantikan Posma dengan segala kiprahnya menolong penyintas secara mandiri? Mungkinkan anggota Agen Bencana dan TRC bentukan BPBD atau pihak lain yang akan menggantikan tugas Posma?

Kiranya perlu ada dialog yang hangat antara Komandan Satgas  transisi tanggap darurat bencana Semeru, BPBD, dan Forum PRB yang berkiprah lewat Posma dan telah banyak berbuat untuk kebermanfaatan berbagai pihak. Dengan dialog ini diharapkan keberadaan Forum PRB semakin diketahui dan dipahami oleh berbagai pihak. Salam Tangguh. Selamat tahun baru 2022.Sukses untuk kita semua.[sur]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment