News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Zaenal Fatah Pengurus Forum PRB Jatim, Setia Pada Amanah

Zaenal Fatah Pengurus Forum PRB Jatim, Setia Pada Amanah


Surabaya Jatim - Semua pasti sepakat jika Alfin nama lapangan dari Zaenal Fatah ini, adalah sosok relawan yang memiliki dedikasi dan loyalitas tanpa batas. Di kalangan relawan penanggulangan bencana, dia sangat dikenal. Banyak sekali temannya. Tidak sedikit relasinya karena pembawaannya yang selalu ceria, supel dan sangat menguasai dibidangnya.

Semua tahu Zaenal Fatah pria berdarah Madura ini, disamping dipercaya memegang bidang peningkatan kapasitas pada Forum PRB Jawa Timur, juga menjadi Ketua Komunitas Tanggap Gawat Darurat (KTGD). Dan pimpinan Jamaah LC sebagai wadah relawan penggemar ngopi bareng.

Pria yang masih setia menjomblo ini sangat loyal pada peran yang diembannya sebagai pengurus Forum yang harus memberi contoh bagaimana berperan di lokasi bencana. Ini tampak jelas, sejak bencana banjir melanda sebagian Wilayah Kota Batu, dia sudah bercokol disana. Mengumpulkan data kejadian untuk dikirimkan ke desk relawan BNPB secara online.

Kesibukannya semakin menjadi ketika posko bersama (posma) Forum PRB Jatim banjir bandang Kota Batu yang didirikan oleh Forum PRB Jatim, resmi beroperasi. Tempatnya di Rest Area Desa Sidomulyo Kota Batu, yang melibatkan berbagai relawan dengan cara piket bergiliran.

Sungguh keberadaan Posma tidak pernah sepi. Relawan dari berbagai daerah tumplek blek di Posma yang dijaga Alfin. Dengan tekun dia melayani para tamunya. Relawan yang datang dari berbagai daerah di Jawa timur, bahkan ada yang dari luar Jawa Timur. Alfin yang juga sebagai anggota dari Pujiono Center dan Fasilitator Destana, rajin mencatat dengan rapi segala informasi, juga menerima bermacam donasi dari mereka yang peduli.


Boleh dibilang, Posma yang dijaga Alfin menjadi bagian terdepan untuk memberikan pertolongan kepada pengungsi. Posma juga menyediakan logistik berupa beras, lauk pauk, minuman kemasan, makanan bayi, susu, makanan kering dan obat-obatan. Ada juga tikar, baju layak pakai, pampers, terpal dan lainnya, untuk membantu Posko utama.

Sejak awal Posma berdiri, Alfin belum pernah pulang. Sementara relawan lainnya, sesekali pulang sejenak, bertemu anak istri sekaligus mengambil logistik agar relawan yang siaga di Posma tidak menggerutu kekurangan menu.

Ya, Zaenal Fatah benar-benar totalitas mengemban amanah menjaga Posma, mencatat dan melaporkan apa saja yang perlu dilaporkan. Termasuk mendokumentasikannya untuk bahan pembelajaran (lesson learn) kelak dikemudian hari. Sehingga Posma benar-benar menjadi sumber informasi dari berbagai pihak yang memerlukan. Termasuk beberapa wartawan yang membutuhkan bahan berita.

Konon, sebentar lagi Posma akan ditutup, mengingat masa tanggap darurat sudah selesai, dan semua akan diambil alih oleh Posko Utama yang dikendalikan BPBD Kota Batu. Tentu semua relawan akan balik kanan. Apakah Alfin alias zaenal Fatah juga ikut balik kanan ?.

Sementara bencana banjir pun sudah mulai merambah daerah lain. Lamongan, Gresik, Jember, dan Banyuwangi, adalah beberapa daerah yang telah disapa banjir dengan kerugian yang lumayan.

Akankah Alfin tanpa istirahat barang sejenak, harus di geser untuk merapat kesana, mendarma baktikan tenaganya menolong sesama di lokasi bencana, mengemban amanah menjaga Posma dan melaporkan segala kejadian ke desk relawan BNPB ?. Cak Alfin, doa kami dinadimu. [eBas]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

2 comments

  1. Ingin sekali pulang, namun jiwa kemanusiaan dan tanggung jawab yg besar slalu menyurutkan keiinginanku itu.

    ReplyDelete
  2. Sayange diriku kesusu nikah.. klo ga ... Ya ta temani mencari recehan Pahala.. dan ridho Allah SWT.. semangat kak...

    ReplyDelete