News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Usulan Kegiatan Forum Kota Batu Sehat Kepada OPD Pemkot Batu

Usulan Kegiatan Forum Kota Batu Sehat Kepada OPD Pemkot Batu


Kota Batu Jawa Timur - Dinas Kesehatan Kota Batu pada Senin (29/11/2021) telah mengadakan kegiatan Pembinaan Forum Kota Batu Sehat bertempat di Ruang Rapat Lt 3 B Balai Kota Among Tani. Kegiatan tersebut dihadiri selain dari Dinas Kesehatan juga Bappelitbangda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polres Batu, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Diskoperindag, Forum Kota Batu Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa/Kelurahan Sehat Se Kota Batu

Ketua Forum Kota Batu Sehat Salma Safitri selaku narasumber menyampaikan, “Forum Komunikasi Kecamatan dan Pokja Desa/Kelurahan Sehat telah mengadakan kegiatan untuk menyusun Rencana Kerja Tahun 2022 dan berharap beberapa usulan bisa diakomodir oleh OPD terkait.”


Beberapa usulan tersebut yang dibacakan oleh Salma Safitri antara lain seperti dari Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu, kegiatan penghijauan di hulu sungai agar tidak terjadi banjir bandang. Desa Bumiaji Pokjanya ingin mendirikan Koperasi Sembako, Desa Giripurno Ketahanan edukasi pengolahan makanan dan  reboiasasi. Desa Gunungsari berharap ada lumbung pangan, dan pelatihan pengelolaan pangan. Desa Sumberbrantas ingin membentuk Bank Sampah, pelatihan balita sehat, dan pariwisata sehat. Desa Tulungrejo usulan penambahan gizi untuk stunting, meskipun setiap bulan Ibu Hamil sudah  diberikan PMT (pemberian makanan tambahan). Terjadinya pernikahan dini sebagai pemicu terjadinya stunting, berharap agar untuk Ibu Hamil dan Ibu muda diberikan pelatihan agar diajari mengelola makanan sehat untuk mengurangi stunting. Pemerintah Desa di Kota Batu sudah membentuk pendamping keluarga se RW 2 orang.

Sedangkan usulan untuk pengecatan zebra cross untuk  lokasi menuju sekolahan atau menuju TPQ selain diusulkan oleh Kel Ngaglik kepada Dinas Perhubungan juga oleh Pokja Desa Oro Oro Ombo dan Kelurahan Temas. Usulan penataan parkir pariwisata, oleh Pokja Kelurahan Sisir  karena alun-alun parkir kendaraan tidak cukup  dialihkan ke JL Brantas akhirnya wisatawan membuang sampah sembarangan. Usul kepada Dinas Pariwisata agar ada himbauan tidak membuang sampah sembarangan dan harus disediakan tempat sampah. Kemacetan di Desa Sidomulyo terutama di Dusun Sukorembug  pada hari Sabtu Minggu mobil parkir kiri kanan Pokja mengusulkan penataan kembali agar jalan raya lancar/tidak macet. Desa Sumberejo perlu penertiban lalu lintas ke Sekolah Al-Izzah jumlah siswanya kurang lebih 6000 anak  tetapi tidak ada kontribusinya kepada Pemerintah  Desa Sumberejo.


Desa Beji Kecamatan Junrejo Pokja mengusulkan pelatihan keaneka ragaman pengolahan makanan dengan peserta Kader Kesehatan. Usulan Peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan di tempat pariwisata mengusulkan agar Forum Kecamatan dan Pokja Desa Sehat dilibatkan saat Dinas Kesehatan melakukan monitoring. Desa Tlekung mengusulkan kegiatan PMT Balita dan stunting, dan kegiatan pelatihan membuat makanan untuk mencegah stunting. Kelurahan Dadaprejo  PMT kader PKK melakukan urunan dari insentif yang diterima karena PKK dana minim, absen kegiatan dipotong insentifnya Rp 50.000 dengan jumlah kader 17  orang hal tersebut sudah berlangsung hampir 2 tahun. Balita diberikan  bubur dan berganti. Perbalita diberikan 2 macam makanan anggaran Rp 1.500 sd Rp 2.000,

Menanggapi urunan untuk Pemberian Makan Tambahan oleh Kader PKK, Hayati  SST,MM Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Batu menyampaikan, “Kalau urunan tidak boleh dilakukan tetapi Kader harus mengusulkan kepada Kelurahan Dadaprejo untuk menganggarkan PMT. Sehingga Kelurahan akan mengusulkan kepada Kecamatan seperti OPD yang lainnya. Usulan oleh Kader secara tertulis kepada Kelurahan dengan tembusan DPRD Batu karena penganggaran tahun 2022 pengajuannya sudah terlambat untuk saat ini.” (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment