News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pokja Desa Damai Mojorejo Mengadakan Sosialisasi Dan Koordinasi Implementasi Rencana Aksi Desa (RADes)

Pokja Desa Damai Mojorejo Mengadakan Sosialisasi Dan Koordinasi Implementasi Rencana Aksi Desa (RADes)


 Kota Batu Jawa Timur – Kelompok Kerja (Pokja) dan Forum Perempuan Desa Damai Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur Sabtu (27/11/2021) mengadakan kegiatan Sosialisasi Dan Koordinasi Implementasi Rencana Aksi Desa (RADes) Desa Damai Dan Setara Mojorejo, bertempat di Aula Pertemuan Balai Desa Mojorejo. Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh pengurus Pokja dan pengurus Forum Perempuan, juga dihadiri oleh Sekretaris Desa Mojorejo, Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan dan Community Organizer WISE Pro Malang Batu Salma Safitri.

Ketua Pokja Desa Damai Mojorejo Karjono yang membuka acara tersebut menyampaikan, “Rencana Aksi Desa (RADes) ini kegiatan dibiayai oleh Wahid Foundation. Untuk dana kegiatan sebesar Rp 50.000.000,- dana sudah cair melalui rekening Bank atas nama Kepala Desa Mojorejo dan sudah ditransfer kepada Bendahara Pokja Desa Damai Mojorejo Rabiatul Adawiyah. Selanjutnya kegiatan akan dilaksanakan sesuai dengan pengajuan proposal, diantaranya pendataan rumah singgah, pembentukan pengurus KKUB (Kelompok Kerukunan Umat Beragama) Desa Mojorejo, character building stunting, kerjasama dengan P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dan lain-lain. Pokja hanya memback up kegiatan, karena beberapa kegiatan merupakan wewenang Pemerintah Desa Mojorejo, seperti pendataan rumah singgah pelaksanaannya diserahkan kepada Pemerintah Desa.”


Sedangkan Ketua Forum Perempuan Desa Damai Mojorejo Yuni Purwaningsih menyampaikan, “Kegiatan Rencana Aksi Desa yang akan dilaksanakan nanti sebagaimana yang sudah kami  presentasikan saat peresmian renovasi Bale Kanugrahan balai pertemuan Desa Mojorejo yang lama di hadapan Tim Wahid Foundation Senin (1/11/2021). Selanjutnya akan segera dilaksanakan sebagaimana matrik kegiatan yang sudah dibuat. Jadwal pelaksanaan tidak dapat dilaksanakan sesuai matrik seharusnya diawal November 2021 sebagaimana pengajuan proposal mengingat dana baru cair Selasa lalu, namun akan segera kami realisasikan mengingat sudah menjelang akhir tahun.”


 “Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Kelompok 1 berdiskusi tentang pelaksanaan character building dan handycraft. Ditentukan jumlah peserta dan nama-nama peserta serta penanggung jawab kegiatan. Kelompok 2 tentang pelaksanaan pendataan rumah singgah dan pembentukan pengurus KKUB. Junaedi Kaur Perencanaan ditunjuk sebagai koordinator pendataan rumah. Instrumen pendataan sudah dipersiapkan oleh Kaur Perencanaan, sedangkan petugas data dari Ketua RT dengan pendampingan dari Pokja. Sedangkan fungsi dari KKUB sebagai wadah dialog antara Ummat Beragam di Desa Mojorejo, “ tutur Yuni Purwaningsih mengakhiri penjelasannya.

Community Organizer WISE Pro Malang Batu Salma Safitri  berharap agar kegiatan harus berkualitas. Untuk kegiatan character building yang harus diperjelas dan dipertegas agar hasil kegiatannya lebih berkualitas dan tepat sasaran. (Erwin)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment