News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan Bencana Banjir Bandang Kota Batu Lakukan Upacara Hari Pahlawan

Relawan Bencana Banjir Bandang Kota Batu Lakukan Upacara Hari Pahlawan


 Batu Jawa Timur - Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini sangat berkesan bagi Alfin dan kawan-kawan relawan yang sedang mendarma baktikan tenaganya untuk penanganan bencana banjir di Kota Batu Jawa Timur. Ditengah-tengah kelelahan yang luar biasa, mereka diundang warga Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu untuk turut serta upacara peringatan hari pahlawan. Bertempat di lapangan Rest Area Desa Sidomulyo, relawan yang tergabung dalam Pos Bersama Peduli Banjir Bandang Batu, berpartisipasi melaksanakan Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Rabu Kliwon (10/11/2021).

 

Tentunya semua warga Indonesia telah tahu bahwa di awal kemerdekaan, pernah ada peristiwa besar yang menjadi perhatian dunia, yaitu pertempuran Surabaya antara Tentara Republik Indonesia, melawan pasukan Britania Raya (Inggris) dan Belanda yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Untuk mengenangnya, maka setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Upacara yang digelar sederhana ini diikuti 250 relawan dari berbagai komunitas Relawan Kemanusian. Ditambah dari tokoh pemuda setempat, karang taruna, Linmas dan Masyarakat Desa Sidomulyo.  Mereka bersatu  membaur dalam keberagaman. Semua relawan yang mengikuti upacara, mengenakan seragam komunitasnya, lengkap dengan logo dan warna kebanggaannya. Namun semuanya khitmad mengikuti upacara,  mengenang para pahlawan.

 

“Berbagai macam organisasi, lambang dan warna baju, bila di satukan dalam satu tujuan panji-panji kemanusian, maka akan menjadi pelangi yang indah dipandang, sejalan dengan sesanti nasional, Bhineka Tunggal Ika,” kata Gus Yoyok yang selalu memotivasi relawan untuk mengedepankan persatuan, saling menguatkan tanpa melemahkan. Gus Yoyok pun, atas nama Keluarga Besar Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jawa Timur, mengucapkan selamat memperingati hari pahlawan. Hal ini sesuai dengan jargon Bung Karno, yang mengatakan Jas Merah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Ingat, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya. Semoga, dengan moment peringatan hari pahlawan ini upaya membentuk Forum PRB Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Jawa Timur segera tercapai. [Ebas]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment