News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bakesbangpol Kota Batu Siap Bersinergi Dengan Program Desa Damai Wahid Foundation

Bakesbangpol Kota Batu Siap Bersinergi Dengan Program Desa Damai Wahid Foundation

Kota Batu Jawa Timur – Wahid Foundation bersama Kelompok kerja (Pokja) dan Forum Perempuan Desa Damai dari Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Desa Sidomulyo Kecamatan Batu dan Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur pada Senin siang (1/11/2021) setelah mengadakan audiensi dengan MD Furkhan Kepala DP3AP2KB Kota Batu dilanjutkan audiensi dengan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) M Agoes Machmoedi S.Sos di ruang kerjanya Gedung B Balai Kota Among Tani Lt 2.
Perwakilan dari Wahid Foundation M. Zainal Fanani menyampaikan , “Kami mengucapkan terimakasih sudah diterima Walikota Batu dan diperkenankan membawa program Desa Damai di 3 desa di Kota Batu yang terakhir Desa Mojorejo yang Bapak turut hadir. Program desa damai ini berdasarkan Perpres No. 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstrimisme (RAN PE). Dan di 3 desa damai yang telah mendeklarasika nantinya ada RANDes (Rencana Aksi Desa). Perpres No 7 diterbitkan Februari 2021 yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan ditingkatan Provinsi sudah ada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), paling tidak kita sudah bersinergi dengan aparat keamanan, dan unsur keamanan masyrakat. Pada (29/9/2021) Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Surat Edaran No. 339/5267/SJ tentang pencegahan dan penangggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme. Yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota terkait implementasi RANPE, Kesbangpol yang menjadi komandannya. Warga sipil punya kewajiban pengamanan negara dan proses pembangunan ditingkatan desa. Dari RADes berkontribusi di RPJMDesnya, ini menjadi salah satu apa yang bisa dikontribusikan.”
M Agoes Machmoedi S.Sos Kepala Kesbangpol Kota Batu menyampaikan, “Kami bangga dengan Program Wahid Foundation sehingga membantu kami di Kesbangpol karena stabilitas dibidang idiologi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam). Berharap ipoleksosbudhankam tertangani mulai dari desa. Ingin mendengar langsung implementasi yang sementara ini sudah berjalan yang rencananya akan direplikasi desa kelurahan lainnya tugas fungsi kami secara umum di Pemkot Batu. Senang dan bahagia beban tugas birokrasi teringankan dengan kehadiran Wahid Foundation kami siap bersinergi. Kami ingin tahu sosialisasinya seperti apa? Jangan sampai melakukan berbagai kegiatan tetapi Kesbangpol tidak tahu. Kami berharap peran kami seperti apa supaya tahu perannya Kesbangpol. Di rencana pembangunan jangka menengah desa ( RPJMDes) apakah bisa dicantolkan. Karena perencanaan yang sukses, tentunya pelaksanaannya nanti juga akan sukses. Saat ini sulit diimplemtasikan karena belum ada petunjuk pelaksanaan (Junklak) dan petunjuk teknisnya (Juknis) sehingga tidak bisa eksekusi kebawah. Kami sangat berkenpengentingan untuk bisa mensupport karena tugas dan fungsi kami sebagai stabilitas politik sosial dan ekonomi.”

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment