News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rumah Ayom Desa Sidomulyo Siap Menerima Pengaduan Korban Kekerasan Berbasis Gender

Rumah Ayom Desa Sidomulyo Siap Menerima Pengaduan Korban Kekerasan Berbasis Gender

Kota Batu Jawa Timur – Kelompok kerja (Pokja) dan Forum Perempuan Desa Damai Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur pada Kamis (28/10/2021) mengadakan workshop Membangun Mekanisme Pengelolaan Dan Pemanfaatan Rumah Baca dan Rumah Ayom berbasis komunitas bertempat di Rumah Baca Desa Sidomulyo yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Workshop juga dihadiri Ketua BPD Sidomulyo, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, LPMD dan Babinsa Sidomulyo.
Disampaikan oleh Roni Sintiu Ketua Pokja Desa Damai Sidomulyo , “Wahid Foundation (WF) memberikan dana hibah untuk Rumah Baca sebesar Rp 50jt dari alumni Harvard, setelah itu ada Pelatihan Pencegahan Ekstrimisme Kekerasan Melalui Pendekatan Keamanan Insani Berbasis Komunitas untuk Pokja, Forum Perempuan dan dari perwakilan unsur keamanan. Dari hasil pelatihan tersebut menghasil Rencana Tindak Lanjut (RTL) berupa bangunan Infrastruktur yang saat ini sedang dibangun dengan nama Rumah Ayom. Rumah Ayom sebagai sarana Pos Terpadu yang terintegrasi dengan Rumah Baca dan Kantin.”
“Dari hasil diskusi kelompok dengan peserta yang hadir menyepakati pemanfaatan Rumah baca dipergunakan untuk membaca, serta disediakan permainan edukasi. Rumah Ayom dipergunakan untuk pos pengaduan, sekretariat Pokja dan Sekretariat Forum Perempuan, tempat rapat serta untuk kegiatan Pokja PKK serta tempat tinggal sementara bagi orang yang berkebutuhan khusus seperti anak korban penelantaran oleh orang tuanya. Semua program sosial bisa menggunakan fasilitas Rumah Ayom. Lantai 2 diatas rumah baca untuk panggung kesenian persiapan kalau ada event dari pemerintah desa. Proses pembangunan sudah hampir selesai Pokja dan Forum Perempuan Desa Damai Sidomulyo telah siap menerima pengaduan bila terjadi kekerasan berbasis gender dan tindakan ekstrimisme, “ tutur Roni Sintiu mengakhiri pembicaraannya. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment