News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pokja Kelurahan Damai Candirenggo, Jalin Kerjasama Dengan LBH Surabaya Perwakilan Malang

Pokja Kelurahan Damai Candirenggo, Jalin Kerjasama Dengan LBH Surabaya Perwakilan Malang

Kota Malang Jawa Timur – Perwakilan Kelompok Kerja (Pokja) dan Forum Perempuan Kelurahan Damai Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur telah datang ke Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya Perwakilan Malang dengan didampingi Community Organizer (CO) WISE PRO UN WOMEN Salma Safitri dan Community Organizer (CO) WISE GUYUB UNODC Arif Erwinadi dari Wahid Foundation pada Jum’at (15/10/2021).
Menurut Salma Safitri, “Tujuan kedatangan rombongan kami untuk tukar menukar informasi dari Kelurahan Candirenggo dengan LBH Malang Lembaga layanan hukum yang terkait penanganan Kekerasan Berbasis Gender. Ingin berdiskusi supaya nyambung dengan sistem layanan yang dibangun oleh Pokja Kelurahan Candirenggo dan telah menggerakkan masyarakat saat terjadi permasalahan supaya bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Terkadang situasi tersebut belum bisa diselesaikan di tingkat Kelurahan. Dengan difasilitasi oleh Wahid Foundation ingin bertukar informasi dengan Lembaga layanan yang ada. Dan tidak menutup kemungkinan akan berkolaborasi dengan lembaga lainnya.”
Hal tersebut dibenarkan oleh Roestamadji Ketua Pokja Kelurahan Damai Candirenggo, “Kami dari Pokja Kelurahan Damai Candirenggo dibawah binaan Wahid Foundation telah di Deklarasikan sebagai Kelurahan Damai sejak 2017, sampai saat ini masih mewakili Kabupaten Malang, dan 3 bulan yang lalu Desa Gunungrejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang juga telah mengikuti Deklarasi Deklarasi Desa Damai dari Wahid Foundation.”
“Pokja Kelurahan Damai Candirenggo sudah melaksanakan beberapa kegiatan, dari Wahid Foundation dan pernah ada Narasumber dari LBH Surabaya Mas Wahid dengan Pendidikan paralegal. Perempuan selain sebagai agen perdamaian dan pemberdayaan ekonomi. Katanya Gus Dur kalau ingin damai masyarakat harus sejahtera terlebih dulu. Kegiatan Wahid Foundation mensinergikan usaha damai dari Kelurahan Desa dibarengi dengan Pemberdayaan Ekonomi. Kita punya 6 kelompok dengan berbagai macam usaha, ada yang usaha batik, kerajinan sepatu, dan pembuatan makanan. Tidak kalah pentingnya mengusahakan hidup damai yang harmonis, ini saat yang tepat bagaimana menciptakan hidup damai. Ada beberapa kasus yang pernah ditangani nanti oleh Pokja dan Forum Perempuan Candirenggo, ‘ tutur Roestamadji. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment