News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nurrochman Wakil Ketua DPRD Batu Berharap Forum Kota Batu Sehat Menghasilkan Rekomendasi

Nurrochman Wakil Ketua DPRD Batu Berharap Forum Kota Batu Sehat Menghasilkan Rekomendasi

Kota Batu Jawa Timur - Kegagalan Kota Batu merah Swastisaba tahun 2021 dikeluhkan oleh Salma Safitri Ketua Forum Kota Batu Sehat kepada Wakil Ketua DPRD Batu Nurrochman Jum’at (15/10/2021) di Balai Kota Among Tani dikarenakan faktor kelembagaan. Menurut Salma Safitri, “Sekretariat Forum Kota Sehat sebagaimana disampaikan oleh setiap juri yang dating baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional harus memiliki papan nama dan struktur organisasi Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan dan Kelompok Kerja Desa. Forum Kota Batu Sehat belum punya Sekretariat yang cukup memadai. Saat ini ada di Bappelitbangda terletak didepan pintu masuk. Ini salah satu fator kita sangat lemah di kelembagaan. Dinas Kesehatan Kota Batu sudah mendukung beberapa kali kegiatan baik ditingkatan Kota, Kecamatan dan Desa. Seharusnya Forum Kota Sehat mendapatkan dukungan dari semua OPD.”
“Keberadaan forum/ forkom/pokja desa adalah sebagai mitra kerja oleh sektor pemerintah, sehingga dengan demikian semua sektor (OPD) yang ada akan lebih mengetahui semua permasalahan dan keinginan yang ada di masyarakat, sehingga diharapkan sasaran kegiatan yang sedang dijalankan oleh OPD akan lebih tepat sasaran. Disamping itu keberadaan forum adalah sebagai upaya untuk memberikan pembelajaran terhadap masyarakat, mulai dari indentifikasi masalah, penyusunan rencana kegiatan, pemecahan masalah, monitoring dan evaluasi. Ini sebagai upaya memberdayakan masyarakat. Dukungan dari OPD antara lain dukungan Sarana dan prasarana kerja (Sekretariat/kantor), dukungan program dan kegiatan, dukungan untuk Penguatan / Pengembangan kapasitas Tim Forum Kota Sehat, Forkom Kecamatan dan Pokja Desa Sehat.” tambah Salma Safitri.
Menanggapi hal tersebut Nurrochman Wakil Ketua DPRD Kota Batu menyampaikan, “Forum Kota Batu Sehat bisa mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasinya FKBS bisa jadi rujukan oleh semua OPD, peran kemitraan. Hasil rekomendasinya agar diberikan kepada Walikota, OPD dan DPRD. Rujukan, keputusannya dan musyawarahnya agar dikirimkan ke DPRD untuk jadi bahan pertimbangan sebagai pengambilan kebijakan misalnya di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Bappelitbangda. Supaya jadi instrument OPD dalam pengambilan kebijakan dengan merujuk pada rekomendasi dari FKBS karena didukung kebijakan level Kota.”
“Forum Kota Batu Sehat agar bersurat kepada Walikota dan Ketua DPRD dengan melampirkan Rencana Kerjanya kalau bisa dimasukkan sesegera mungkin. Prinsipnya DPRD welcome untuk hearing dan berdiskusi lebih dalam. Tidak usah terlalu banyak usulan, yang penting 1 poin tetapi detil.” tutur Nurrochman. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment