News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pokja Desa Damai Mojorejo Siap Lakukan Pencegahan Ekstrimisme dan Kekerasan Berbasis Gender

Pokja Desa Damai Mojorejo Siap Lakukan Pencegahan Ekstrimisme dan Kekerasan Berbasis Gender

Kota Batu Jawa Timur – Wahid Foundation bersama Kelompok kerja (Pokja) dan Forum Perempuan Desa Damai Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur pada Sabtu pagi (30/10/2021) mengadakan dua kegiatan yaitu kegiatan pertama workshop Membangun Mekanisme Pengelolaan Dan Pemanfaatan Pendopo Bale Kanugrahan dipandu oleh Community Organizer UNODC Wahid Foundation Arif Erwinadi. Sedangkan workshop kedua Membangun Mekanisme Pencegahan Violent Ekstrimisme dan Kekerasan Berbasis Gender di Komunitas dipandu oleh Community Organizer UNWOMEN Wahid Foundation Salma Safitri.
Menurut Meidita anggota Forum Perempuan yang menyampaikan hasil diskusi kelompok kedua, ”Sebagaimana pasal 1 ayat (2) Perpres No. 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstrimisme. Ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme adalah keyakinan dan atau Tindakan yang menggunakan cara-cara kekerasan atau ancaman kekerasan ekstrem dengan tujuan mendukung atau melakukan aksi terorisme. Kekerasan berbasis gender adalah istilah yang memayungi setiap perilaku membahayakan yang dilakukan terhadap seseorang berdasarkan aspek/konstruksi social termasuk gender yang dilekatkan oleh masyarakat yang membedakan antara laki-laki dan perempuan. Termasuk didalamnya adalah segala perilaku yang mengakibatkan penderitaan fisik, seksual atau mental, ancaman akan melakukan suatu perbuatan membahayakan, pemaksaan dan atau perilaku lain yang membatasi kebebasan seseorang.”
“Dari hasil diskusi tadi untuk pencegahan ekstrimisme kekerasan dan kekerasan berbasis gender di komunitas itu sangat penting hal ini agar tercipta ketentraman dan keamanan. Agar masyarakat bisa saling menghargai, tidak ada diskriminasi terhadap siapa pun dan atas dasar apa pun. Agar bisa memberikan perlindungan kepada kelompok yang lemah serta mencegah pelecehan dan kekerasan sexual. Untuk itu kelompok kerja dan forum perempuan Desa Damai Mojorejo telah tersedia Pos Pengaduan untuk menerima pengaduan apabila di Desa Mojorejo terjadi permasalahan sebagaimana yang telah saya sampaikan, “tutur Meidita. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment