News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelatihan Pengelolaan Data Lewat Google Drive Bagi Pengurus Kota Batu Sehat

Pelatihan Pengelolaan Data Lewat Google Drive Bagi Pengurus Kota Batu Sehat

Kota Batu Jawa Timur – Pada Senin (11/10/2021) anggota Forum Kota Batu Sehat, Forum Kecamatan dan Kelompok Kerja Desa Kelurahan Se Kota Batu mengikuti pelatihan pengelolaan data lewat aplikasi Google Drive. Bertempat di Balai Kota Among Tani Gedung B Lantai 2, acara tersebut atas Kerjasama Dinas Kesehatan Kota Batu dengan Forum Kota Batu Sehat. Arif Erwinadi salah seorang anggota Forum Kota Batu Sehat yang menjadi Narasumber pada pelatihan tersebut menyampaikan, “Syarat lolos tidaknya mengikuti ferivikasi Kabupaten Kota Sehat adalah kelengkapan data kegiatan yang disajikan. Agar data tersaji dengan lengkap dan up to date maka dibutuhkan keahlian untuk mengelola data. Dengan Aplikasi Google Drive saya sampaikan agar Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan (Forkom) dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kelurahan bisa mengelola datanya lebih baik lagi”.
“Untuk Pelatihan Pengiriman dan Penyimpanan Data lewat Google Drive. Peserta diajari dulu cara membuat email sesuai tingkatannya. Misalnya untuk tingkatan Desa Kelurahan alamat emailnya memakai nama Desa Kelurahan masing-masing dengan tujuan untuk memudahkan Pokja mengirimkan data ke tingkat Kecamatan dan bisa langsung datanya dipantau oleh Forum Kota Sehat maupun oleh Dinas Kesehatan, “ tuturnya.
Erni Forkom Kecamatan Junrejo menyampaikan, “ Dengan diadakannya pelatihan ini memudahkan dalam membuat pelaporan karena Pokja langsung bisa mengirimkan data kegiatan ke Forkom. Pokja desa selama ini sudah melakukan kegiatan tapi belum tersentuh pelaporannya. Kesannya memang harus belajar, dan ditindaklanjuti lagi.” Sedangkan Mistatik Indriana Forkom Kecamatan Batu menuturkan, “Setelah belajar bersama membuat email dan ngak begitu pandai, tetapi dengan kemauan untuk bisa akhirnya mampu membuat email sehingga mempermudah tugas kita. Tidak menutup kemungkinan peserta yang hadir di ruangan ini punya kegiatan lain seperti sebagai pengurus PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Organisasi lainnya seperti PKK juga harus membuat administrasinya, sekali kerja bisa untuk 2 dan 3 kegiatan. Kita bisa upload/simpan foto di Google Drive karena banyak kegiatan yang dilaksanakan belum sempat di dokumentasikan.”
Siti Suntoro Forkom Kecamatan Bumiaji menambahkan, “Pelatihan hari ini, awalnya kurang pintar dalam menggunakan Tekhnologi Informasi sekarang secara pelan-pelan diajari hingga bisa menggunakannya. Budaya meniru positif memang harus dikembangkan, dapat ilmu secara gratis dan positif selama mengikuti kegiatan Kota Sehat. Hikmahnya dari satu kegiatan ada hal yang saling bisa membantu satu sama yang lainnya seperti kegiatan posyandu, senam, kerjabakti yang menuju ke Sehat. Terimakasih ilmunya semoga bisa semakin pintar.” (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment