News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Batu Melakukan Pengawasan Melekat, Tahapan Wawancara PPK Pilkada 2024

Bawaslu Kota Batu Melakukan Pengawasan Melekat, Tahapan Wawancara PPK Pilkada 2024

Kota Batu, www.pintubatu.com -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu melakukan pengawasan melekat terhadap proses seleksi Wawancara Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pada Pemilihan Kepala Daerah 27 November 2024. 

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos hadir melakukan pengawasan langsung proses wawancara yang digelar oleh KPU Kota Batu, di The Onsen Hotel Songgokerto Kota Batu, Sabtu (11/5/2024). 
"Proses seleksi ini rentan adanya calon yang tidak independen. Mungkin saja ada yang pernah menjadi pengurus atau anggota Parpol sebelumya. Kami imbau dalam proses wawancara KPU teliti dan menggali rekam jejak calon PPK pada Pilkada 2024," ujarnya. 

 "KPU juga harus belajar dari pengalaman rekrutmen Badan Ad-Hoc pada Pemilu 2024, yang mana hasil temuan Bawaslu menyatakan bahwa terdapat Penyelenggara struktural KPU yang terindikasi sebagai Anggota Partai Politik, " tambah Yogi. 
"Memang KPU terbatas dalam hal memverifikasi berkas pendaftar PPK secara faktual. Kami menekankan agar proses wawancara yang harus dimanfaatkan dengan baik, sesuai regulasinya. Tidak boleh pendaftar sebelumnya menjadi Calon Legislatif (Caleg) atau Pengurus Partai Politik," pungkasnya. 
(L. Kamaluddin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment