News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu Berharap, Pemilu 2024 Lancar Aman Serta Damai

Pj Walikota Batu Berharap, Pemilu 2024 Lancar Aman Serta Damai

Kota Batu www.pintubatu.com - Pemerintah Kota Batu gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu 2024 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu Selasa (16/1/2024). 
Rapat Koordinasi diawali dengan laporan dan paparan dari Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto, S. Sos terkait kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Batu. 

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Batu Supriyanto, S. Pd memaparkan terkait penanganan pengawasan dan pelanggaran pemilu. Kepala Kejaksanaan Negeri Batu tentang antisipasi permasalahan hukum Pemilu 2024, dan dari Polres Batu terkait kesiapan pengamanan Pemilu 2024. 
Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai, berharap Pemilu 2024 akan berjalan lancar aman serta damai dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

"Kita berharap dengan pertemuan ini Pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Batu berjalan lancar, aman serta damai," ungkapnya mengawali arahannya dihadapan lebih dari 150 peserta yang terdiri unsur penyelenggara dan pengamanan Pemilu 2024 yaitu KPU Kota Batu, Camat, Lurah, Kepala Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua PPK, Ketua Panwascam dan Ketua PPS se-Kota Batu.
Selain itu, lanjutnya, poin penting dalam pertemuan ini adalah harapan adanya peningkatan jumlah partisipasi masyarakat yang ikut meramaikan pesta demokrasi. Peningkatan jumlah partisipasi masyarakat ini sangat penting, mengingat salah satu indikator keberhasilan Pemilu adalah tingginya angka partisipasi masyarakat.

"Salah satu poin penting dalam pertemuan ini adalah bagaimana kita meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sebagai salah satu indikator keberhasilan Pemilu," jelasnya.
Oleh karena itu, lanjut Aries, sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan, sehingga masyarakat akan memiliki kesadaran untuk datang ke TPS dan memberikan partisipasinya saat Pemilu.

Pj Aries juga menjelaskan peran unsur penyelenggara dan pengamanan untuk bersama-sama mencegah atau mengantisipasi menyebarnya berita hoax. "Saat ini, berbagai macam informasi masuk ke HP kita. Dan informasi hoax sangat berpengaruh kepada masyarakat. Oleh karena itu, bagaimana kita bersama, kecamatan, kelurahan dan desa, bersama-sama untuk berperan selama pelaksanaan Pemilu yang minim pelanggaran. Camat tidak boleh tidur dan selalu melakukan pengawasan hingga ke tingkat desa dan kelurahan untuk melakukan antisipasi munculnya hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.
Aries juga menyampaikan keinginan agar jumlah pemilih di Kota Batu semakin meningkat. Salah satunya, adalah melakukan perekaman KTP bagi siswa di sekolah yang telah berusia 17 tahun.
"Pemilih pemula kita yang ada di sekolah berjumlah 1869 orang, namun yang melakukan perekaman masih sekitar 814 orang. Oleh karena itu, saya meminta agar kita aktif melakukan perekaman KTP, sehingga ada peningkatan jumlah pemilih pemula di Kota Batu," tegasnya.
Diakhir arahannya, Pj Aries menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda, dan seluruh peserta yang hadir dalam Rapat Koordinasi ini. la mengajak agar semua bersiap dan turut terlibat menjelang dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Batu sehingga berjalan aman dan lancar. "Terakhir saya mohon kerjasama kepala desa / lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk menjaga wilayahnya masing-masing, agar masyarakat tenang. Dan terus tingkatkan koordinasi, jika ada permasalahan segera koordinasikan sehingga lebih cepat tertangani," pungkasnya. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment