News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Kapasitas Saksi, Bawaslu Kota Batu Adakan ToT Calon Saksi Parpol

Tingkatkan Kapasitas Saksi, Bawaslu Kota Batu Adakan ToT Calon Saksi Parpol


Kota Batu pintubatu.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu Jawa Timur mengadakan kegiatan training of trainer (ToT) fasilitasi pelatihan saksi partai politik. Bertempat di Amartahills Hotel & Resort Kota Batu berlangsung selama 3 hari Jum’at s.d Minggu (22 s.d 24/12/2023).

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid Farobi, Jum’at (22/12/2023) menyampaikan, “Kewajiban Bawaslu memberikan pelatihan kepada saksi sebagaimana amanat UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Kegiatan ini menjadi awal karena masih ToT, semoga di bulan Januari 2024 akan difasilitasi pelatihan saksi biaya dari APBN lewat Bawaslu untuk pelatihan saksi ditingkatan kecamatan atau saksi per TPS. Acara ToT saksi parpol peserta pemilu ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.”

“Peraturan KPU No. 25 tahun 2023 tentang Pemungutan Dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum telah terbit, semoga bisa menambah pengetahuan jajaran kader dan simpatisan partai politik serta menjadi saksi yang lebih baik. Karena para saksi temannya Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), yang melegalkan atau tidak melegalkan hasil penghitungan suara. Kalau terjadi pemungutan suara ulang yang menentukan saksi dan Pengawas TPS, “tambahnya. 


Narasumber pelatihan hari pertama Supriyanto, S.Pd Ketua Bawaslu Kota Batu  menuturkan, “Para saksi harus memahami tugas yang harus dilakukan saat hari pemungutan suara pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Saksi peserta pemilu juga berperan.Karena saksi bisa masuk dalam TPS dan memiliki kursi khusus. Saksi itu salah satu ujung tombak pemegang data dan fakta peserta pemilu.“

“Sebelum hari pemungutan suara saksi harus menyiapkan surat mandat dari peserta Pemilu, menyiapkan KTP dan surat pemberitahuan memilih. Saksi harus memastikan disabilitas bisa melakukan pencoblosan dengan didampingi oleh tenaga pendamping. Kalau menemukan lokasi TPS jalannya naik, agar saksi bisa mengingatkan untuk pindah lokasi TPS, “pungkasnya. (Erwin)

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment