News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu, Resmikan BPD Sumbergondo, BPD Sumberbrantas dan PAW

Pj Walikota Batu, Resmikan BPD Sumbergondo, BPD Sumberbrantas dan PAW

Kota Batu pintubatu.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bukan kompetitor kepala desa, BPD memiliki tugas yang sama, memiliki tugas linier dengan kepala desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa. Pesan ini disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat memberikan sambutan dan arahan dalam Peresmian Anggota BPD Sumbergondo dan Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu, serta Pengganti Antar Waktu (PAW) Kota Batu  di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu Kamis, (2/11/2023) dirilis dari prokopim_kwb.
"BPD bukan kompetitor kepala desa, BPD memiliki tugas yang sama, memiliki tugas linier dengan kepala desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa. Oleh karena itu, tidak usah menunggu waktu lama, BPD harus berkolaborasi dan membantu kepala desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya dihadapan 14 anggota BPD yang diresmikan.
Peresmian BPD Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji diikuti oleh 5 orang yaitu Afrida Fitria Utari, Ribut Catur Pranowo, Suyono Wahyudi, Zendita Alvion, dan Djoko Suwito. Sementara 5 orang BPD dari Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, yaitu Sugiyo Prabowo, Yoyok Novalianto, Lina Cahyaningrum, Teguh Winarti dan Ainin Nikmatul Khotimah. PAW BPD yaitu Hidayat dari Desa Bulukerto, Hadi Purwoko Desa Pandanrejo, Abd Rohim Desa Punten dan Dwi Andiyan Kurniawan dari Desa Sidomulyo.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Batu, Herawan Susetya sebagia saksi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kota Batu dan Camat Bumiaji. 

Lebih lanjut Pj Aries menegaskan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemerintahan Desa dan Kelurahan, baik Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa. Pertama untuk membangun sinergitas dan kolaborasi memajukan desa dalam Desa Wisata. Desa Wisata yang telah dikembangkan di seluruh Desa di Kota Batu merupakan potensi peningkatan ekonomi masyarakat. Desa Wisata harus terus dikembangkan, karena terbukti banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Batu.
"Kita adalah satu-satunya kota yang memiliki branding Kota Wisata. Kota wisata menjadi kuat jika berbasis dari desa dengan desa wisatanya. Ayo kita sinergikan, kita kolaborasikan Kota Wisata yang kita bangun mulai dari desa, " harapnya. 

BPD harus memiliki peran penting dalam penyelesaikan permasalahan sampah di desa. Sebagai sosok yang dituakan di desa, tentu memiliki rasa pengabdian dengan keikhlasan dan ketulusan dalam menuntaskan permasalahan di masyarakat, termasuk terkait sampah. Kolaborasi Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa sangat diperlukan dalam memberikan pemahaman agar masyarakat memilah dan mengelola sampah dari rumah.

"Banyak sekali tugas kita, antara lain penyelesaian permasalahan sampah. Kolaborasi dan bahu membahu bersama kepala desa, BPD dan perangkat desa sangat penting untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar memilah dan mengolah sampah dari rumah. Termasuk mengoptimalkan TPS3R di masing-masing desa sehingga pengelolaan sampah di masing-masing desa berjalan dengan optimal," ungkapnya.
Selain itu, Pj Aries juga berpesan agar BPD membantu kepala desa untuk menurunkan angka kemiskinan dan stunting di desa hingga nol persen. "Setelah pelantikan ini tidak harus menunggu, langsung bergerak bantu kepala desa untuk menggunakan anggaran sebaik-baiknya dalam menurunkan kemiskinan dan stunting di angka nol persen," pungkasnya. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment