News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hindari Aset Wakaf Ditarik Kembali Oleh Ahli Waris, BPN Serahkan Sertifikat Wakaf

Hindari Aset Wakaf Ditarik Kembali Oleh Ahli Waris, BPN Serahkan Sertifikat Wakaf

Kota Batu pintubatu.com - Kemenag Kota Batu mengadakan acara Penyerahan Sertifikat Wakaf untuk Masjid dan Mushola Se Kota Batu Rabu (29/11/2023), bertempat di Aula  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Jalan Sultan Agung Kota Batu. 

Hadir Asisten I Walikota Batu, Susetyo Herawan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Batu H. Machsun Zain, S.Ag M.Si, Kepala BPN Kota Batu Ir. Haris Suharto MM, Ketua MUI Kota Batu, Ketua PCNU Kota Batu, Ketua PD Muhammadiyah Kota Batu, serta para Nadzir dan Wakif dari 30 Masjid / Musholah penerima sertifikat wakaf. 
Acara tersebut diawali dengan pembacaan do'a oleh KH Abdullah Thohir, Ketua MUI Kota Batu. 

Dalam sambutannya Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batu H. Guntur Irianto, menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan hari ini. 
"BWI sebagai fasilitator pengurusan Sertifikasi Wakaf, targetnya 260 Sertifikat wakaf. Hari ini diserahkan sebanyak 30 sertifikat wakaf, terima kasih atas sinergi Pemerintah kota Batu, Kankemenag dan BPN serta BWI Kota Batu dalam percepatan sertifikasi tanah wakaf."
"Apresiasi kepada kepala BPN Kota Batu yang setiap hari Jumat berkeliling masjid, musholah, madrasah dan TPQ untuk menyerahkan sertifikat wakaf secara langsung kepada masyarakat, " tambah H. Guntur Irianto. 

Kepala  Kankemenag Kota Batu dalam sambutannya menyampaikan, "Alhamdulilah akhirnya sinergi yang baik antara BPN, Kemenag dan BWI hari ini terlihat dengan diserahkannya sertifikat wakaf. Sehingga kepastian tanah wakaf semakin jelas dan dapat kepastian hukum bagi nadzir yang dipercaya mengelola tanah wakaf tersebut."
"Jangan sampai aset wakaf, diserahkan hanya secara lisan dan saling percaya antara wakif dan nadzir, tapi harus dibantu sampai terbitnya sertifikat wakaf. Jangan sampai terulang kembali kejadian aset wakaf ditarik kembali oleh para ahli warisnya karena faktor semakin mahalnya harga tanah dan tidak adanya dokumen wakaf, sehingga terjadi sengketa atas tanah wakaf tersebut, " tutur H. Machsun Zain, S.Ag M.Si.
Kepala BPN Kota Batu dalam sambutannya menyampaikan, "Telah terbit 331 bidang sertifikat wakaf. Hari ini 31 bidang dan selanjutnya akan diserahkan pada acara yang segera diagendakan. Sebagian lagi akan diserahkan ketika ada kunjungan Presiden RI ke Jawa Timur, penyerahan sertifikat wakaf serentak se Jawa Timur. Mohon doa restu per 1 Desember 2023 akan memasuki masa purna tugas, semoga kepala BPN mendatang juga proaktif dalam percepatan sertifikasi tanah wakaf."
Asisten I Walikota Batu, menyampaikan salam Pj Walikota Batu yang sedang perjalanan menghadap ke Gubernur Jatim di Surabaya.
"Masalah status tanah masih menjadi masalah tersendiri sampai saat ini, bahkan Presiden RI juga fokus terhadap masalah status tanah di masyarakat. Agar status hukum dan status  kepemilikan tanah masyarakat semakin jelas. Terima kasih atas kerja keras dan upaya dari BPN, Kemenag dan BWI atas pengurusan sertifikat tanah wakaf di Kota Batu, "pungkas Susetyo Herawan.
Oleh: Akhmad Jazuli
Editor: Arif Erwinadi

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment