News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Batu Raih 2 Penghargaan Inotek Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Kota Batu Raih 2 Penghargaan Inotek Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Surabaya www.pintubatu.com - Es Krim OMG (Organik Milik Giripurno) dengan inovator Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji dan TRIDI (Pestisida Nabati) dengan inovatornya Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu berhasil meraih penghargaan Inovasi Teknologi (Inotek) Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. 

Es Krim OMG menerima penghargaan kategori Inovasi Teknologi di Bidang Ekonomi dan TRIDI menerima penghargaan kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi. Kedua penghargaan diterima langsung oleh Pj. Walikota Batu, Aries Agung Paewai dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam Inotek Award Ceremony 2023 dan Launching Aplikasi Jatim Berdasi, di Hotel Novotel Samator, Surabaya, sebagaimana press release prokopim_kwb Senin (9/10/2023). 
Usai kegiatan, Pj Walikota Batu Aries menyampaikan terima kasih atas inovasi yang dilakukan, baik oleh Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana Desa Giripurno, dan Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto, yang berkomitmen membuat inovasi untuk kemajuan Kota Batu. "Inovasi yang lahir dari masyarakat bisa menjadi pemicu motivasi yang lain untuk bergerak bersama, dengan inovasi-inovasi yang lain mimpi kemajuan kota Batu terima kasih kepada semua yang terlibat," tutur pria asal Makassar ini.
Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Kencana, dari Dusun Sawahan, Desa Giripurno berhasil menciptakan olahan pangan sayur yang disukai anak-anak yaitu Es Krim yang berasal dari sayuran. Dari situlah muncul ide dan dikembangkan menjadi Es Krim dan bisa untuk memenuhi gizi terhadap anak-anak yang cenderung tak menyukai sayur. Dan diharapkan nanti bisa menurunkan angka stunting di Desa Giripurno.
Sementara itu, dari TRIDI (Pestisida Nabati) dengan inovatornya Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto berhasil meningkatkan kualitas produksi buah apel, pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan serta bisa diaplikasikan pada komoditas hortikultura (buah, sayuran, dan bunga potong). Penghargaan dua inovasi tersebut telah melewati tahapan dari bulan Mei hingga Agustus 2023. Dan berhasil masuk nominasi menyisihkan puluhan inovasi dari daerah lain.
Dalam sambutannya Gubernur  Jawa Timur Khofifah menegaskan bahwa inovasi adalah keharusan. Dan berharap ke depan Inotek berdampak yang berpengaruh pada kehidupan manusia.Bukan sekedar menumpuk data dan elektronifikasi tetapi menggunakan data dan elektronifikasi tersebut dimanfaatkan untuk kemanusiaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Dampak dari inovasi ini harus kita lihat karena seluruh dampak yang kita lihat efek dan manfaatnya disesuaikan dengan tujuan utama kota kabupaten, provinsi dan pusat," tegasnya.
Kota Batu dengan Es Krim OMG menerima Inotek Award Kategori Inovasi Teknologi Bidang Ekonomi bersama dengan Kabupaten Jombang (Optimalisasi Potensi Daerah Melalui Pemberdayaan Daun Pandan), Kabupaten Malang (Optimalisasi Ekonomi Kreatif melalui ProgramY-Star sebagai media Pemberdavaan Generasi Nusantara), Kabupaten Probolinggo (Waste to Energy Lab / WE-Lab), Kota Blitar (Pusbendo Goes to.Internasional Through Partnership), Kabupaten Tulungagung (Mesin Extruder Pelet Ikan dengan Electric Control Feeding Cutting dan Auto Control Water Temperature).
Sementara itu, Kota Batu dengan inobvasi TRIDI (Pestisida Nabati) mendapatkan Inotek Award Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi bersama dengan Kabupaten Pacitan (Modul Deteksi Banjir), Kabupaten Pasuruan EPLC (Evaporasi Pengolah Limbah Cair), Kota Mojokerto Amping (Inovasi Pembelajaran Matematika), Kabupaten Tuban (Jatiku Pinter/Inovasi Rapid Test Narkotika) dan Kabupaten Banyuwangi (Eco Green Team Pedia). (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment