News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu Himbau, Jangan Membuang Sampah Di Sungai Bawa Ke TPS3R

Pj Walikota Batu Himbau, Jangan Membuang Sampah Di Sungai Bawa Ke TPS3R

Kota Batu www.pintubatu.com - Kota Batu, menurut Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai bisa menjadi percontohan nasional jika berhasil mengolah dan memilah sampah sendiri dan habis di TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) di lingkungannya masing-masing.

Bukan tanpa sebab, karena masih banyak di daerah lain masih bergantung di tempat pemrosesan akhir (TPA) dan tidak dikelola dengan baik sehingga sampah yang dihasilkan kian menggunung dirilis dari prokopim_kwb.
Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Walikota Batu, Aries Agung Paewai, usai berkunjung ke TPS 3R di Kelurahan Sisir dan TPS 3R di Dusun Kliran Desa Bulukerto, Sabtu (23/9/2022)

Di titik awal menuju ke TPS 3R Kelurahan Sisir Aries masih menemukan masyarakat yang enggan untuk memilah sampah dan memilih untuk membuang sampah di sungai di kawasan Sendratari Arjuna Wiwaha.
"Sangat disayangkan, di saat sebagian masyarakat peduli dengan sampah mencari cara dan solusi untuk memilah dan mengolah sampah di lingkungannya ada sebagian orang yang masih belum sadar dan paham akan pengelolaan sampah," kata Aries.

Padahal, jika sampah dipilah dari rumah akan lebih memudahkan untuk memilih mana yang bernilai ekonomis dan mana yang residu dan sudah tidak bisa digunakan lagi sehingga proses akhirnya akan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama.
"Kita terjunkan tim Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan aliran sungai di kawasan Sendratari Arjuna Wiwaha yang kita tahu bahwa ini adalah sentral wisata pertunjukan seni. Malu kita jika dilihat banyak sampah di sungai," tambah Aries.

Di Dusun Kliran, Desa Bulukerto, Pj. Walikota Batu melihat proses pembangunan tungku pembakaran atau incenerator hasil dari swadaya masyarakat dan dibuatkan juga tempat untuk memilah sampah serta pembetulan atap TPS 3R yang rusak.
"Saya mendengar dari Pak Kades, di TPS 3R ini akan diusahakan bisa membakar sampah dengan suhu sempurna berkisar 500 sampai 600 derajat celcius sehingga bisa meminimalkan asap yang keluar," jelas Aries.
Aries berpesan kepada perangkat desa untuk melihat pengelolaan sampah di TPS 3R Dusun Durek, Desa Giripurno, dimana warganya membuang sampah yang sudah dipilah langsung ke TPS 3R tanpa ada petugas yang mengambil di rumah masing-masing sehingga itu meminimalkan petugas di TPS 3R. Dalam kegiatan kali ini PJ Walikota Batu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Desa Bulukerto, Sekretaris Kelurahan Sisir serta warga dari lingkungan RT RW setempat. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment