News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kompetisi KIM Hackathon Se Jawa Timur Tahun 2023, KIM Warta Mertani Sumbergondo Raih Juara Harapan II

Kompetisi KIM Hackathon Se Jawa Timur Tahun 2023, KIM Warta Mertani Sumbergondo Raih Juara Harapan II


Kota Batu www.pintubatu.com - Kompetisi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Hackathon  2023 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) bekerjasama dengan Junior Chamber International (JCI). Yang berlangsung sejak Jumat (22/9/2023) hingga Minggu (24/9/2023) bertempat di Singapore Nationale Academy (SNA) Jl. Raya Pepelegi Pondok Maspion 4 Blok GH. 1-6, RT.3/RW.7, Pepe, Pepelegi, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo. 

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) atau kelompok sejenis lainnya adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.
Sebanyak 22 KIM se Jawa Timur telah bertanding dan berkolaborasi dengan mahasiswa untuk membuat sebuah proyek bersama dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan masyarakat desa.

Menurut Ketua KIM Warta Mertani Afrida Fitria Utari lewat sambungan selulernya Selasa (26/9/2023) menyampaikan, "Kompetisi KIM Hackathon sistemnya itu dua perwakilan KIM dipertemukan dengan kelompok Mahasiswa yang satu tim berjumlah 5 Mahasiswa. Penentuannya dilakukan secara acak, kebetulan KIM Warta Mertani ini dipertemukan dengan tim Unesa." 
"Untuk Kota Batu diwakili oleh 2 KIM yaitu KIM Warta Mertani dari Desa Sumbergondo dan KIM Mayangsari dari Desa Pesanggrahan. KIM Warta Mertani Desa Sumbergondo mengangkat tema pengelolaan sampah mandiri Desa Sumbergondo, " tutur Afrida. 

"Lomba yang dilakukan membuat Website Developer dan Bussiness Plan tentang potensi yang ada di Desa. Sedangkan KIM Mayangsari Desa Pesanggrahan bertemakan Biogas. 
Untuk Website KIM yang lainnya menampilkan jualan UMKM sebagai media pemasaran/marketing, tetapi untuk KIM Warta Mertani dengan Unesa ini membuat Website yang berfungi sebagai media layanan masyarakat, juga sebagai media pemasaran, "tambahnya. 
"Selain sebagai media pengelolaan sampah juga   sebagai sarana edukasi dan sosialisasi program-program Pemerintah Desa Sumbergondo antara lain pilah sampah dimulai dari rumah, " pungkasnya. 

Berikut ini hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan juri:
1. Juara I kompetisi Hackathon 2023 diraih KIM Tirto Gumitir dari Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember yang berkolaborasi dengan mahasiswa Petra Christian University (PCU).
2. Juara II disabet KIM Pandan Arum dari Kota Madiun yang berkolaborasi dengan mahasiswa Institute Asia, 
3. Juara III diraih oleh KIM Samaan dari Kota Malang yang berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Ciputra. 
4. Juara Harapan I diraih oleh KIM Pesanggrahan dari Kota Madiun yang berkolaborasi dengan mahasiswa Petra Christian University (PCU) dan, 
5. Juara Harapan II diraih oleh KIM Warta Mertani dari Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment