News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bank Sampah Penia Kelurahan Sisir, Kumpulkan 1 Ton Sampah Yang Sudah Dipilah

Bank Sampah Penia Kelurahan Sisir, Kumpulkan 1 Ton Sampah Yang Sudah Dipilah

Kota Batu pintubatu.com -  Bank Sampah Penia  yang terletak di Jalan Terusan Panderman No 31 RT 10 RW 06 Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu, Rabu (6/9/2023) berhasil mengumpulkan 1 ton sampah dalam sehari. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Bank Sampah Penia Hj Khurotul Isroini, "Hari Rabu ini ada sebanyak 25 orang nasabah yang menyerahkan sampah yang sudah dipilah-pilah dan terkumpul sebanyak kurang lebih 1 ton. Terdiri dari sampah kertas kardus, kertas folio, kertas koran, kertas dupleks, plastik kresek, plastik bening, plastik mika, sisa botol air mineral berbagai ukuran ada gelas, 600 gr, 1500 gr, aluminum, seng, kaleng/omplong, goni dan lain-lain."
 
"Penimbangan saat ini cukup istimewa karena sampah yang terkumpul lebih banyak dari pada biasanya. Biasanya penimbangan menggunakan timbangan manual, hari ini kami ngreyen menggunakan timbangan elektronik yang baru diberi oleh Kepala Kelurahan Sisir.  Jadi hasil penimbangan sampah terpilah akan semakin detail, "tutur Bu Is panggilan akrab Direktur Bank Sampah Penia.
"Biasanya nasabah yang mengumpulkan sampah anorganik ada 40 orang tetapi hari ini baru 25 orang, mungkin yang lainnya belum mengumpulkan hasil pilah sampahnya, karena masih sedikit terkumpul dirumah masing-masing nasabah. Dan sehari setelah terkumpul, besok rencananya langsung akan diambil oleh Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, "tambahnya.
"Kami berharap, semakin banyak warga yang menjadi nasabah Bank Sampah Penia, akan semakin banyak sampah yang terpilah dari rumah warga, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi bagi nasabah. Tentunya akan mengurangi sampah yang dikumpulkan dan hanya ditumpuk di tempat pembuangan akhir sampah. Tagline bank Sampah Penia ayo ubah sampah menjadi rupiah dengan pilah sampah dari rumah, "pungkasnya.
Ririn, salah satu nasabah Bank Sampah Penia memberikan testimoni, bahwa dengan menabung sampah, akan membawa berkah ekonomi bagi keluarganya. Walaupun nilainya cuma sedikit rupiah dan yang terpenting adalah sudah ikut menyelamatkan dunia dari penumpukan sampah yang sebetulnya masih bisa di daur ulang. (Akhmad Jazuli) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment