News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Antisipasi dan Mitigasi Potensi Kemarau dengan Iklim Kering di Jawa Timur

Antisipasi dan Mitigasi Potensi Kemarau dengan Iklim Kering di Jawa Timur

Kota Batu pintubatu.com - Seperti Apa Sih Fenomen El-Nino di Indonesia?
• Pada awal Juni 2023, ENSO (El-Nino Southern Oscillation) mengalami perubahan dari El Nino Lemah menjadi El Nino Moderat dengan indeks 0.99, menunjukkan gangguan iklim di Samudera Pasifik. Sementara itu, di Samudera Hindia, IOD (Indian Ocean Dipole) berada pada fase positif dengan indeks 0.54, yang juga mengindikasikan gangguan iklim di wilayah tersebut.
• El Nino dan fenomena IOD positif berdampak pada penurunan curah hujan, yang mengakibatkan kekeringan yang lebih parah, serupa dengan yang terjadi pada tahun 2019.
• Pada Juli hingga Oktober 2023, curah hujan umumnya berada dalam kategori rendah (0- 100 mm/bulan) di Indonesia. Bahkan pada puncak musim kemarau, yakni Juli, Agustus, dan September, sebagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami kondisi kering dengan curah hujan hanya sebesar 0-20 mm/bulan. Sumber: BMKG, 2023
Dampak dari El Nino dan IOD positif telah mengakibatkan penurunan curah hujan yang signifikan, yang berpotensi memperburuk kekeringan di Indonesia. Serupa dengan tahun 2019, perkiraan curah hujan selama Juli hingga Oktober 2023 juga menunjukkan kondisi kering yang mengkhawatirkan, terutama pada puncak musim kemarau dengan curah hujan hanya sebesar 0-20 mm/ bulan di sebagian wilayah Indonesia, dirilis dari jatimpemprov. 

Saat ini, Jawa Timur juga berada di puncak musim kekeringan, dan 18 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah menetapkan status siaga/tanggap darurat kekeringan. Bahkan, 19 kabupaten telah bergerak untuk mendistribusikan air bersih kepada yang membutuhkan.
Pada infografis diatas, dapat dilihat data sawah beririgasi rawan kekeringan di Jawa Timur yaitu 116 total daerah irigasi rawan kering di Jawa Timur, serta 33,087 Ha Prediksi Luas Sawah Beririgasi Rawan Kering.
Berbagai upaya penanganan telah dilakukan oleh Dinas PU Sumber Daya Air Jatim, namun dalam upaya memastikan keandalan infrastruktur sumber daya air untuk mengantisipasi dan memitigasi potensi El Nino di Jawa Timur, maka diperlukan langkah bersama yang nyata dan konkret antar stakeholder Sumber Daya Air (Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota) dalam pengelolaan SDA sehingga dapat meminimalisir dampak El Nino.

Mari bersama-sama berdoa agar kondisi kekeringan saat ini yang mengakibatkan beberapa Gunung yang berada di Jawa Timur sedang mengalami bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) segera berakhir dan segera turun hujan. (Rif) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment