News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Warga RW 4 Dusun Gintung Desa Bulukerto, Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 78

Warga RW 4 Dusun Gintung Desa Bulukerto, Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 78


Kota Batu pintubatu.com - Warga RT 2 RW 4 Dusun Gintung Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu Kamis (17/08/2023), menggelar upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Terletak di gang sempit, yang merupakan akses jalan kampung diantara rumah - rumah warga yang dikenal sebagai kampung ramah anak. 


Menurut Ahmad Choirul Amirrudin salah satu Pemuda di RT 2 RW 4 menyampaikan bahwa disebut sebagai kampung ramah anak, karena sebelum terjadi pandemi Covid 19, kampung ini pernah menyandang juara 1 lomba kampung ramah anak Se Kota Batu, dan hingga saat ini tembok - tembok warga masih penuh coretan tentang edukasi anak. 


“Upacara HUT Kemerdekaan RI dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh seluruh warga di RW 4 baik yang tua, dewasa, remaja dan anak - anak yang mayoritas sebagai petani, pedagang, pelajar, ibu rumah tangga, dan pegawai swasta. Meskipun tempatnya yang begitu sempit, tidak menjadi alasan untuk mereka menggelar acara memperingati HUT RI yang ke 78 ini, demi menghargai jasa para pejuang - pejuang kemerdekaan.  Upacara kemerdekaan kali ini dengan tema kesetaraan masyarakat dan kesederhanaan masyarakat, menuju masyarakat yang merdeka, yang di gagas oleh pemuda - pemudi kampung ini, “tutur Ahmad Choirul Amirrudin.  


Zaki bertindak selaku pemimpin upacara, sedangkan Anas sebagai pembina upacara yang merupakan pedagang Jamu juga sekaligus merupakan anak dan bapak. Kegiatan hari ini berlangsung dengan sukses berkat kerjasama pemuda pemudi warga RT 2 RW 4 Dusun Gintung Desa Bulukerto.


“Sebagaimana kebiasaan yang dilakukan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun-tahun sebelumnya yaitu setiap tanggal 16 Agustus, semua warga berbondong - bondong baik orang tua maupun remaja dan anak - anak melaksanakan malam tirakatan menjelang peringatan tanggal 17 Agustus dengan menggelar acara umbul dungo atau kirim doa. Yang ditujukan untuk para pahlawan kemerdekaan, dan untuk refleksi dilakukan pemutaran film kemerdekaan. Hal ini dilakukan supaya kita semua tidak akan lupa atas jasa - jasa para pahlawan maupun leluhur yang ada di seluruh Indonesia yang telah gugur memperjuangkan negeri ini, “pungkas Ahmad Choirul Amirrudin.  (Erwin)




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment