News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu Keluarkan SE Pilah dan Kelola Sampah dari Sumbernya, Minta Masyarakat Bantu Pemerintah Tuntaskan Masalah Sampah

Pj Walikota Batu Keluarkan SE Pilah dan Kelola Sampah dari Sumbernya, Minta Masyarakat Bantu Pemerintah Tuntaskan Masalah Sampah

Kota Batu pintubatu.com - Persoalan sampah di Kota Wisata Batu Jawa Timur hingga kini belum juga usai. Harus ada langkah-langkah strategis yang dilakukan baik oleh Pemerintah Kota Batu maupun masyarakat untuk menyelesaikan persoalan yang cukup mengganggu masyarakat setempat.

Terkait hal tersebut dirilis dari prokopim_kwb Senin (28/8/2023), Pj. Walikota Batu, Aries Agung Paewai kembali mengeluarkan surat edaran bernomor 660/2470/422.110/2023 tentang pilah dan kelola sampah dari sumbernya. SE ini diperuntukkan bagi rumah tangga, tempat usaha dan perkantoran di Kota Batu.
Dikeluarkannya surat edaran sebagai tindak lanjut upaya-upaya perbaikan sistem pengumpulan dan pengangkutan sampah secara terpilah. Sekaligus sebagai aktualisasi program reduce reuse dan recycle.

"Langkah tersebut penting dan sangat diperlukan utamanya dukungan dan partisipasi aktif masyarakat, pimpinan instansi pemerintah/swasta, kepala desa/lurah, pengelola tempat usaha, komunitas dan pemerhati lingkungan, dan Ketua RT/ Ketua RW untuk meningkatkan kesadaran serta melaksanakan pilah dan kelola sampah dari sumbernya," jabar Aries.

Dalam SE tersebut, Pj. Walikota Batu merinci kembali tugas-tugas yang akan dan sedang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup, instansi pemerintah/swasta, Camat, Kepala Desa/Lurah, Pengelola Tempat Usaha (hotel, hiburan, restoran, dan tempat wisata), Komunitas dan Pemerhati Lingkungan, hingga Ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga (RT/RW).
Langkah tersebut perlu dilakukan tentunya dengan pengawasan agar segala tindakan yang dikerjakan terutama terkait pengelolaan sampah berjalan dengan maksimal sehingga tonase sampah yang diproses di TPA Tlekung berkurang jumlahnya.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dibutuhkan komitmen bersama seluruh pihak termasuk masyarakat itu sendiri dan Ketua RT/RW sebagai motor penggerak di lingkungannya masing-masing," kata Aries.

Saat ini saja semenjak persoalan TPA Tlekung muncul, banyak desa kelurahan yang mulai berpikir untuk menuntaskan persoalan sampah di masing-masing wilayahnya, termasuk salah satunya Balaikota Among Tani. 
"Balaikota Among Tani kini sudah tidak lagi membuang sampah di TPA Tlekung dan memiliki TPS 3R dengan pengolahan oleh tim cleaning service sehingga mengurangi volume sampah yang ke TPA, kini tinggal tugas masyarakat untuk membantu kami memilah dan mengolah sampah di lingkungannya," pungkas Aries. 
Semoga dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu bersama dengan gerakan masyarakat bersatu peduli lingkungan dan Sampah memaksimalkan fungsi TPS 3R maka persoalan sampah di Kota Batu lebih cepat selesai. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment