News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kesan Upacara Agustusan Lintas Komunitas Di Puthuk Kentongan Penuh Kenangan

Kesan Upacara Agustusan Lintas Komunitas Di Puthuk Kentongan Penuh Kenangan


Mojokerto pintubatu.com - Beberapa hari sebelum tanggal 17 Agustus 2023, tepat pada kamis kliwon. Kawan-kawan yang tergabung dalam forum bersama lintas komunitas (FORMALITAS JATIM), membahas rencana upacara peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-73, di alam terbuka. Kesepakatan yang diambil adalah, upacaranya diadakan di Puthuk Kentongan dengan ketinggian 1305 Mdpl. Masuk wilayah bumi perkemahan Indreng Genitri.

Banyak pihak yang terlibat mensukseskan acara. Mulai dari membentuk kepanitiaan dan petugas upacara, dilakukan secara terbuka. Begitu juga dalam menyiapkan peralatan yang digunakan untuk mendukung acara, dilakukan secara gotong royong, sehingga tidak harus beli. Cukup pinjam sana, pinjam sini, serta milik pribadi dan inventaris organisasi. 


Bahkan menu masakan pun dibahas secara terbuka. Siapa membawa apa, siapa yang belanja, dan lainnya pun dilakukan bersama untuk memperlancar acara yang oleh banyak orang dinilai waktunya terlalu mepet.

Ternyata, semua bisa berjalan dengan sukses tanpa ekses. Semua berlangsung aman tanpa hambatan. Walaupun ada sedikit kesalahpahaman namun pengaruhnya tidak signifikan. Semua berkat kekompakan sesuai konsep dari kita, oleh kita dan untuk kita. 

Sanjungan pun datang dari beberapa pihak. Mereka salut atas kebersamaannya. Padahal panitia dan petugas upacara terdiri dari berbagai organisasi yang berbeda. Diantaranya dari Aryo, anggota Ganesipala (generasi pecinta alam), Sidoarjo menyampaikan lewat sambungan selulernya Sabtu (19/8/2023).


“Luar biasa.. salut kepada segenap pengurus dan tim panitia dengan persiapan yang sangat mepet, Alhamdulillah akhirnya rangkaian acara malam tirakan di sambung upacara bendera dan lomba agustusan di ketinggian, bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya kagum.

Masih Kata Aryo, ketika satu orang saja kita bisa mengajak seseorang berbuat kebaikan itu pahalanya sudah melebihi dunia seisinya, bayangkan jika anda bisa mengajak orang untuk berbuat baik jumlahnya ratusan bahkan ribuan berapa kali itu pahalanya. Semoga menjadi sebuah ladang amal yang di barokahi Tuhan dengan kasih sayang NYA.


Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang mengatakan, "Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi." (HR. Al-Bazzar, Hakim).

“Nggak sia sia tak belani moleh kerjo teko Malang langsung landing ngecamp nang Genitri , iso menyaksikan keguyupan acara dari awal sd selesai,” kata Rohim lewat sambungan selulernya Sabtu (19/8/2023), peserta yang banyak pengalaman di kegiatan alam terbuka (outdoor activity). 

Dia juga berharap, tahun depan acaranya lebih guyup lagi, lebih heboh lagi, dan tentunya membawa kebahagiaan buat kita semua yang hadir. Baik panitia maupun pesertanya 


Harper, sebagai ketua pelaksana, mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak yang turut mensukseskan acara ini. Meskipun peserta tidak sebanyak tahun lalu tapi syukur alhamdulillah kegiatan bisa terlaksana dan lebih lengkap (tahun lalu tidak ada malam tirakatan dan tumpengan).

“Terkait peserta tidak banyak, itu bisa dimaklumi karena salah satu faktornya adalah tahun ini banyak pihak yang menggelar upacara agustusan di alam terbuka, dibanding tahun lalu. Sehingga pesertanya terbagi di berbagai lokasi,” pungkas Harper dengan bijaksana. [eBas]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment