News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Karhutla Gunung Arjuno Semakin Meluas, Pemprov Jatim Gandeng BNPB Siapkan Water Boombing

Karhutla Gunung Arjuno Semakin Meluas, Pemprov Jatim Gandeng BNPB Siapkan Water Boombing

Pasuruan pintubatu.com - Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Gunung Arjuno semakin meluas. Semakin meluasnya lahan terdampak kebakaran di area Gunung Arjuno membuat Pemprov Jatim mengambil langkah cepat.

Dalam siaran persnya BPBD Provinsi Jawa Timur menuliskan bahwa dengan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemprov Jatim bersiap untuk melakukan water bombing sebagai upaya pemadaman api melalui udara dengan menggunakan helikopter.
Kesiapan water bombing ini ditinjau Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak di area Kaliandra, Desa Dayurejo Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Kamis sore (31/8/2023). Termasuk kesiapan Helikopter BNPB type AS350B3e dengan nomer lambung PK-DAP yang akan digunakan.

Guna mendukung kegiatan ini, BPBD Jatim juga telah mendirikan Posko Darurat Penanganan Karhutla Gunung Arjuno di Pendopo Kaliandra, Desa Dayurejo Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.
Turut hadir dalam acara ini, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Tim BNPB, Kadishut Jatim, Kepala BMKG Juanda dan Kasubsi Albanav Lanud Abd. Saleh Malang.

Usai melakukan peninjauan, Wagub Emil menyampaikan apresiasi atas respon cepat BNPB terhadap permintaan water bombing Pemprov Jatim.

Menurutnya, langkah pemadaman melalui udara ini merupakan solusi paling tepat, mengingat lokasi kebakaran hutan berada di lokasi ketinggian dan sangat jauh dari jangkauan.
"Water bombing ini nanti akan difokuskan di area Lembah Kijang yang berdekatan dengan Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sebagaimana  diketahui, di area Lembah Kijang dan Kecamatan Bumiaji itu banyak sumber mata air, sehingga butuh penanganan prioritas," terangnya.

Dikatakan, hingga saat ini luasan lahan yang terbakar di area Gunung Arjuno telah mencapai sekitar 700 hektar.
Sementara, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menambahkan, posko darurat penanganan Karhutla yang didirikan di area Kaliandra sejatinya untuk mendukung kegiatan water bombing di wilayah Gunung Arjuno.
Posko ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat koordinasi antar-instansi terkait, mulai dari BNPB, BPBD Jatim, Dinas Kehutanan, BMKG, Pemkab Pasuruan dan Malang, serta relawan Masyarakat Peduli Api. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment