News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bank Indonesia Adakan Sosialisasi Cinta, Bangga, Dan Paham Rupiah Pada Masyarakat Kecamatan Bumiaji

Bank Indonesia Adakan Sosialisasi Cinta, Bangga, Dan Paham Rupiah Pada Masyarakat Kecamatan Bumiaji

 


Kota Batu pintubatu.com - Dalam rangka menambah wawasan tentang Sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat, Bank Indonesia kantor Perwakilan Malang mengadakan kegiatan Sosialisasi di Pendopo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur Selasa (1/8/2023). Hadir beberapa ASN dan tenaga honorer Kecamatan Bumiaji, perwakilan perangkat desa dari 9 desa di kecamatan Bumiaji, pengurus Karang Taruna sejumlah 72 orang.


Dedy Prasetyo, Deputi SPMI (sistem pembayaran dan manajemen intern) BI perwakilan Malang menyampaikan ada beberapa hal yang harus diketahui terkait mata uang rupiah. Masyarakat diharapkan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Untuk mengetahui keaslian mata uang Rupiah yaitu dengan 3 D dilihat, diraba dan diterawang.

“Cinta Rupiah sama dengan mencintai Indonesia, Bangga Rupiah sama dengan menjaga kedaulatan bangsa, dan paham rupiah sama dengan bersama mewujudkan stabilitas dan kesejahteraan negara. Masyarakat harus mencintai uang kertas Rupiah dengan cara 5 J yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas dan jangan basah, “tuturnya.


“Bangga dalam artian gunakanlah dalam setiap transaksi memakai Rupiah karena sebagai alat pembayaran sah Warga Negara Indonesia wajib menggunakan Rupiah di NKRI, sebagai Simbol Kedaulatan Negara sesuai UU No 7 tahun 2011, sebagai Pemersatu Bangsa contohnya uang rupiah ada gambar penari, flora fauna, gunung dan lain-lain, “tambahnya. 

Paham Rupiah dalam artian untuk bertransaksi, belanjakan secara bijak pada produk dalam negeri dan berhemat dengan cara menabung, serta untuk berinvestasi. Cinta Rupiah = Mencintai Indonesia, Bangga Rupiah = Menjaga Kedaulatan Bangsa, Paham Rupiah = Mendukung Perekonomian Negara. 


“Masyarakat bisa menukar uang ke Bank Indonesia dengan mendaftar lewat www.pintar.co.id. Penggantian uang rusak  dengan syarat uang kertas  yang rusak ukuran utuh lebih dari 2/3 bagian, dan untuk uang terpotong nomor serinya harus lengkap dan utuh ujung kiri dan ujung kanan sama. Caranya uang terpotong di selotip terlebih dulu, “pungkas Dedy Prasetyo. 


Peserta yang hadir terlihat antusias mengikuti acara sosialisasi tersebut, karena Bank Indonesia telah membagi puluhan doorprize untuk peserta yang aktif menjawab pertanyaan dan untuk peserta yang aktif bertanya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment