News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Batu Raih 2 Penghargaan Layak Anak Kategori Nindya dan Forum Anak Desa Terbaik Nasional 2023

Kota Batu Raih 2 Penghargaan Layak Anak Kategori Nindya dan Forum Anak Desa Terbaik Nasional 2023

Foto Pj Walikota BatuDok Prokopim KWB

Kota Batu pintubatu.com – Sebagai bentuk aprsesiasi kepada berbagai pihak untuk perkembangan anak Indonesia, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)menggelar Anugerah KPAI 2023. Juga dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2023.

Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merupakan bentuk apresaiasi KPAI Pusat kepada berbagai pihak seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan berbagai instansi serta penegak hukum lainnya. Penghargaan ini diberikan setelah melalui serangkaian proses monitoring oleh KPAI.

Foto Pj Walikota Batu saat menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Dok prokopim_kwb)

Dirilis dari IG Prokopim Kota Batu, Kota Batu meraih 2 penghargaan sekaligus pada malam penganugerahan KPAI 2023, yaitu Kota Layak Anak Kategori Nindya dan Forum Anak Desa Terbaik Nasional, yang diraih Forum Anak Desa Punten Kecamatan Bumiaji. Menurut Penjabat Walikota Batu, “Penghargaan ini merupakan hasil kolaboratif seluruh OPD sekaligus bukti komitmen Pemerintah untuk terus memberikan dukungan agar anak-anak Kota Wisata Batu tumbuh dan berkembang, serta menjadi kota yang layak bagi anak.”

Hal ini disampaikan oleh Aries Agung Paewai, Penjabat Wali Kota Batu, usai menerima penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, di Hotel Padma Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (22/7/2023).

Foto Pj Walikota Batu saat menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Dok prokopim_kwb)
"Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan dan hasil kolaboratif seluruh OPD dalam mewujudkan Kota Batu sebagai Kota Layak bagi Anak," jelasnya. Kota Batu telah mempertahankan predikat sebagai Kota Layak Anak Kategori Nindya dan Forum Anak Desa Terbaik Nasional ini untuk ketiga kalinya yang diraih Forum Anak Desa Punten setelah penghargaan yang sama diperoleh pada Tahun 2021 dan Tahun 2022.

Penghargaan Kota Layak Anak diperoleh Kota Batu sejak Tahun 2016. Ini merupakan penghargaan kedelapan kalinya. Sejak Tahun 2016 sampai Tahun 2021, Kota Batu meraih predikat Kota Layak Anak kategori Pratama. Tahun 2022 dan 2023 meraih Kota Layak Anak kategori Nindya.

Foto Pj. Walikota Batu bersama Kepala Bappelitbanda Dan Kepala DP3AP2KB (Dok prokopim_kwb)

Ada 6 indikator penilaian Kota Layak Anak yaitu penguatan kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan dan kegiatan seni budaya, dan hak perlindungan khusus.

Pemerintah Kota Batu telah melakukan berbagai inovasi dan juga menyerap aspirasi anak dalam pembangunan. Mulai dari membentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga, infrastruktur dan fasilitas ramah anak juga berinovasi dalam hal pelayanan publik untuk mewujudkan Kota Layak Anak. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment