News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jagongan Antar Komunitas Untuk Tingkatkan Soliditas

Jagongan Antar Komunitas Untuk Tingkatkan Soliditas


Surabaya pintubatu.com – Untuk pembahasan program kerja Forum Bersama Lintas Komunitas (FORMALITAS) mengadakan pertemuan yang dikemas dalam acara “Kopi Darat Lintas Komunitas #3” Rabu (12/07/2023), di pusat kuliner Pawon lawas, Kelurahan Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

“Terima kasih dulur-dulur sudah hadir di acara ini. Mohon maaf bilamana ada kekurangan selama acara. Semoga tali silaturahmi kita semua selalu terjaga dengan baik, termasuk saat melakukan kerja-kerja kemanusiaan,” kata Harper membuka acara.

Harper, Ketua FORMALITAS mengatakan bahwa, selain untuk pempererat tali silaturahmi antar komunitas, juga membahas rencana program lintas komunitas. Diantaranya adalah rencana edukasi kepecinta alaman, edukasi kerelawanan, serta rencana mengadakan upacara tujuh belasan di alam terbuka.


“Kegiatan ini dikemas secara santai. Masing-masing komunitas dipersilahkan mengenalkan diri sekaligus program kerjanya. Disamping itu juga dapat memberikan usulan tentang rencana kegiatan upacara agustusan,” katanya.

Masih kata pria berperawakan atletis, ada usulan upacara agustusan kali ini akan diselenggarakan di daerah wana wisata Indreng Genitri. Namun masih akan disurvey lagi. Namun tidak tertutup kemungkinan ada usulan tempat lain.

Arul Lamandau, dari Komunitas Petarung Kehidupan mengusulkan agar upacara tidak harus pas tanggal 17, dan tempatnya cukup di camping ground yang tidak harus berjalan kaki yang melelahkan, hal ini mengingat tidak semua anggota formalitas itu pendaki gunung.


Sedangkan Tohir, dari Family Satwa Sidoarjo, mengingatkan siapa saja yang ditunjuk sebagai panitia harus bertanggungjawab, mau bekerja untuk suksesnya kegiatan. Jangan seperti tahun lalu, saling menyalahkan karena kurangnya komunikasi.

Saat dimintai kesan dari kegiatan ini, Iddin Badaru, yang mewakili SRPB Jatim, berharap, untuk kedepannya kegiatan kopi darat ini tidak hanya ngobrol sambil ngopi saja, namun harus dikemas sedemikian rupa agar lebih bermakna, serta perlu ada upaya peningkatan wawasan dan kapasitas melalui latihan bersama, berbagi pengalaman dan kemampuan. 


“Melalui latihan bersama, disamping meningkatkan soliditas, juga menambah kemampuan terkait dengan kegiatan alam bebas. Seperti paham manajemen pendakian, Navigasi Darat, PPGD, Survival, teknik komunikasi radio, faham bahasa dan tanda² Alam bila akan terjadi bencana,” tambahnya memberi masukan.

Sementara itu, salah satu anggota Komunitas Basecamp Juanda Coffee yang tidak mau disebut namanya, mengatakan senang bisa menghadiri acara ini dan ingin banyak belajar dari kawan-kawan FORMALITAS, terutama dalam mengkoordinir anggotanya. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk saling tukar informasi, pungkasnya. [eBas]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment