News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Penetapan DPT, Bawaslu Kota Batu Lakukan Pencermatan Dan Validasi Data Pemilih

Jelang Penetapan DPT, Bawaslu Kota Batu Lakukan Pencermatan Dan Validasi Data Pemilih

Foto rapat koordinasi jajaran Bawaslu Kota Batu dengan Panwaslu Kecamatan

Kota Batu pintubatu.com – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Batu dalam rangka pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih dan Tabulasi data Hasil pengawasan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kota Batu, adakan Rapat Koordinasi Pengawasan dan Tindak Lanjut Data Hasil Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Senin (12/06/2023).  Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Kota Batu Jl. Bukit Berbunga No. 13 A Sidomulyo, acara berlangsung mulai pukul 13.00 WIB s.d 18.00 WIB.

Rapat koordinasi tersebut  dilakukan terhadap data yang belum ditindaklanjuti oleh jajaran PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Dihadiri 2 orang Anggota Bawaslu Kota Batu, Sekretariat Bawaslu Kota Batu, Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan beserta Staf Panwaslu Kecamatan.


Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos menyampaikan, “Menjelang penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) tanggal 21 Juni 2023 oleh KPU Kota Batu nanti, Bawaslu hari ini mengadakan validasi data hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajaran pengawas. Data ini akan kita lakukan saran perbaikan (sarper) yang meliputi data TMS (tidak memenuhi syarat) yang masih terdaftar di DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) Akhir maupun data MS yang belum masuk di DPSHP Akhir.”

“Kita melakukan validasi mendetail, agar sarper nanti benar-benar ditindaklanjuti oleh KPU. Karena finalnya nanti akses SIDALIH (system informasi data pemilih) itu menjadi domain KPU Kota Batu. Sehingga Bawaslu berkepentingan untuk menarik data, untuk dilakukan sarper kepada KPU. Meskipun sarper sudah dilakukan oleh Panwaslu Kelurahan Desa maupun oleh Panwaslu Kecamatan, “tutur Yogi.

Foto saat Yogi memberikan arahan pada peserta rapat koordinasi

“Fungsinya itu, karena saat ini tahap terakhir dalam penetapan daftar pemilih yaitu dari DPSHP Akhir menuju DPT. Kalau kemudian tidak melakukan validasi atau optimalisasi dalam pengawasan data pemilih, maka hal yang akan dilakukan ke depan hanya penandaan. Agar aspek eksekutorialnya berjalan baik, yang TMS benar-benar dihapus dan yang MS benar-benar dimasukkan. Kesempatannya yang bisa dilakukan hanya di DPSHP Akhir menuju DPT ini, “tambahnya.

“Memang jeda waktunya agak panjang dari Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP Akhir ditingkat Kecamatan dengan Rapat Pleno ditingkat KPU Kota Batu. Hal ini memberikan ruang, untuk optimalisasi tanggapan masyarakat, dan optimalisasi pengawasan dilapangan. Sehingga diperoleh nantinya saran perbaikan yang benar-benar up to date, benar-benar valid dan tercipta data pemilih atau daftar pemilih yang komprehensif, mutakhir dan akurat, “pungkas Yogi. (Erwin)



 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment