News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jamaah LC Gelar Halal Bihalal, Lintas Komunitas Relawan Kota Surabaya

Jamaah LC Gelar Halal Bihalal, Lintas Komunitas Relawan Kota Surabaya


Pintubatu Jawa Timur - Memanfaatkan suasana Idul Fitri 1444 H, yang bertepatan dengan tahun bershio kelinci air, Jamaah LC, Keputih, Surabaya mengadakan acara Halal Bihalal, yang dirangkaikan dengan ngobrol bareng tentang kemungkinan diadakannya latihan gabungan yang diikuti oleh lintas komunitas. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, (30/4 2023) di Balai RT 02, RW 06, Perumahan Marina Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surbaya dengan model lesehan. 

Halal bihalal tahun 2023 yang sering disebut tahun politik ini diikuti oleh 40 komunitas relawan yang ada di Kota Surabaya. Mereka secara bergantian memperkenalkan komunitas dan program kerjanya, sehingga menambah akrab suasana.


Puspita, sebagai ketua pelaksana Halal bihalal, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mempererat silaturahim dan memperluas jejaring kemitraan antar komunitas relawan sehingga akan memudahkan berkoordinasi dan berkolaborasi melaksanakan tugas kemanusiaan dengan berbagai pihak. Sementara, kegiatan ngobrol bareng dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada upaya peningkatan kapasitas relawan di bidang penanggulangan bencana sesuai klaster yang diminati, untuk menunjang tugas-tugas kemanusiaan sebagai seorang relawan.

Sementara, Erick yang mewakili Jamaah LC, memaparkan beberapa kegiatan sosial kemanusiaan yang pernah dilaksanaknan sebelumnya. Diantaranya, terlibat dalam soalialisasi Sekolah Pendidikan Aman Bencana (SPAB), mengadakan gerakan bersih-bersih pantai di sekitar Benteng Kedung Cowek, Penanaman mangrove dan kegiatan berbagi takjil di bulan ramadhan yang lalu.


Para senior relawan yang ikut terlibat aktif dalam kegiatan ngobrol bareng, diantaranya adalah Dharma Antoro, Ketua Navigasi Shooter, Prasojo, anggota senior forum bersama lintas komunitas, Widya dari Perkumpulan Jabrik (jalur bebas rintangan kabut) Sidoarjo, dan Prijoko, pendiri Surabaya Emergency Respon.

Mereka secara bergantian menceritakan pengalamannya selama menggeluti kerja-kerja sosial kemanusiaan yang bekerjasama dengan berbagai pihak. Harapannya, pengalaman para senior bisa dijadikan inspirasi untuk penyusunan program komunitas.


Kegiatan yang diinisiasi oleh Jamaah LC ini merupakan langkah awal untuk ditindaklanjuti. Baik itu oleh komunitas secara internal, maupun sebagai program bersama lintas komunitas secara kolaboratif yang dilakukan secara mandiri, maupun BPBD, yang mempunyai fungsi koordinasi dan komando.

“Paling tidak kegiatan halal bihalal yang diselenggarakan dengan sederhana ini bisa mengingatkan BPBD terkait dengan rencana yang pernah diagendakan bersama relawan. Diantaranya peningkatan kapasitas melalui diklat dan jambore relawan, serta pembentukan paguyuban relawan dan Forum PRB Kota Surabaya,” ujar Proyogi, dari PBRS menambahkan.


Hasil sementara ngobrol bareng pasca halal bihalal adalah munculnya rencana pelatihan survival bertempat di alam terbuka yang digabungkan dengan materi lainnya.  Tentu rencana ini harus dibahas lebih lanjut sampai mengerucut terbentuknya panitia pelaksana yang akan mengurusi segala keperluan acara. Alangkah eloknya jika acara ini dihadiri wakil dari BPBD. Sayang mereka berhalangan karena kesibukan. [eB]



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment