News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPU Kota Batu Adakan Seleksi PPK Tahap Kedua, Test Tulis CAT

KPU Kota Batu Adakan Seleksi PPK Tahap Kedua, Test Tulis CAT

 

Peserta test tulis Calon Anggota PPK KPU Kota Batu

Kota Batu Jawa Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Jawa Timur  hari ini Selasa (6/12/2022) telah mengadakan seleksi test tertulis bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu tahun 2024.Sebelum test tulis dilakukan peserta melakukan registrasi dan menyerahkan hardcopy pendaftaran kepada Panitia Seleksi.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Marlina kepada awak media saat ditemui di SMAN1 Batu menyampaikan, “Pelaksanaan CAT (Computer Assisted Test) hari ini di SMAN1 Batu dengan 2 ruangan, tersedia jumlah perangkat komputer 68 unit. Dari 132 peserta yang mengikuti test tulis dibagi 2 sesi. Pelaksanaan CAT berjalan lancar, memang ada trouble di menit ke 10 saja, karena secara serentak para peserta mendownload semua soal-soal. Jadi loodingnya agak sedikit lama, setelah itu lancar sampai selesai. Kita pada hari ini pelaksanaan CAT dengan soal berjumlah 75 soal, dibagi 3 kategori soal. Kategori mudah, sedang dan sulit. Soal ada yang kategori mudah itu 1 poin, kategori sedang 2 poin dan yang kategori sulit 3 poin. Tadi ada salah satu peserta yang mendapatkan nilai 104, karena itu berdasarkan jumlah poin. Ketika dikalikan dengan jumlah kategori soal itu maksimal nilai tertinggi 150 poin. Pelaksanaan ini sesi 1 dilaksanakan mulai jam 08.30 s.d 10.30 sedangkan sesi kedua 10.30 s.d 12.00.”

Anggota KPU Batu Marlina memberikan pengarahan pada calon peserta CAT gelombang kedua didampingi oleh Ketua KPU Batu Mardiono dan perwakilan dari SMAN1 Batu

“Pelaksanaan test tulis secara online CAT berbasis komputerisasi, ketika peserta selesai melaksanakan ujian ini akan langsung mengetahui nilai yang mereka dapatkan kolektif langsung lewat LCD operator itu langsung dimuncukan satu server untuk 2 ruangan. Semua peserta di sesi pertama sudah muncul nilainya. Materi yang diujikan kompetensi dasar kepemiluan dan wawasan kebangsaan. Melalui proses pendaftaran aplikasi SIAKBA  (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc) langsung terintergrasi dengan aplikasi CAT. Ini merupakan poin bagi KPU dalam transparansi keterbukaan informasi karena peserta pendaftaran ini ketika klik selesai mengkhiri ujian mereka akan tahu nilainya dan nilai temannya. Juga efektifivitas karena selama ini test tulis dilakukan secara manual, juga menghabiskan kertas banyak serta memakan waktu untuk mengoreksi soal. Dalam mengoreksi soal panitia juga ada human error ketelitian, kalau secara online data valid karena langsung muncul, nilai langsung terproteksi file Pdf proteksi yang nanti Exelnya diunggah ke Siakba, “tuturnya.


“Test tulis kita publikasikan dan nantinya akan ada proses pengumuman yaitu ketika KPU Kota Batu melaksanakan Rapat Pleno pimpinan untuk menentukan maksimal 3 kali kebutuhan, jadi ada15 calon setiap kecamatan. Tetapi ada nomenklatur dan juknis angka yang sama diurutan misalnya ke15, angka yang sama ini kita masukkan ke dalam proses seleksi selanjutnya yaitu wawancara. Ini tahapan kedua setelah proses administrasi, setelah test tertulis akan diadakan test wawacara di tgl 11 dan 13 Desember 2022. Setelah wawancara dilakukan penetapan tgl 16 Desember 2022, masing-masing kecamatan ada 5 orang anggota PPK, “tambah Marlina.


“Jumlah yang daftar sangat banyak KPU melihat selain honorarium meningkat, juga karena kemudahan calon peserta didalam melakukan pendaftaran lewat SIAKBA karena akses mereka ke KPU sangat terbantu, tidak perlu datang ke Kantor KPU, tidak perlu mendaftar secara manual. Lewat SIAKBA mereka bisa langsung mengupload data, kalau semua terunggah selesai sehingga banyak pendaftar yang berminat, “pungkas Marlina mengakhiri penjelasannya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment