News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Batu Adakan Rapat Koordinasi, Untuk Tingkatkan Soliditas Panwaslucam Dan Bawaslu

Bawaslu Kota Batu Adakan Rapat Koordinasi, Untuk Tingkatkan Soliditas Panwaslucam Dan Bawaslu


Kota Batu Jawa Timur - Dalam rangka konsolidasi data dan evaluasi pengawasan verifikasi faktual hasil sampling keanggotaan partai politik Pemilu tahun 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu mengadakan rapat koordinasi Minggu – Senin (13 sd 14/11/2022) bertempat di Senyum Word Hotel Jl Ir. Soekarno No. 144 Beji Kota Batu. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Batu, Kepala Sekretariat, Kasubag dan Staf Bawaslu, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji, Kepala Sekretariat Kecamatan dan  Staf Pelaksana Panwaslu Kecamatan serta mahasiswa magang dari Universitas Brawijaya Malang.

Ketua panitia pelaksana kegiatan M. Rizal Prastiko yang juga Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Batu dalam laporannya menyampaikan, “Kegiatan konsolidasi data dan evaluasi pengawasan verifikasi faktual hasil sampling keanggotaan partai politik Pemilu tahun 2024 dengan tujuan untuk menambah pengetahuan kepemiluan, menguatkan soliditas antara Panwaslucam dan Bawaslu Kota serta untuk mempelajari pola verifikasi, terutama tim teknis pendamping Panwaslu kecamatan agar lebih paham. Sekretariat secara melekat harus mengetahui kegiatan ini agar kinerja lebih maksimal.”

“Narasumber yang akan dihadirkan untuk hari ini Akademisi dari Universitas Brawijaya Tri Hendra dengan materi Aspek Sosiopolitik dan Regulasi Tahapan verfikasi Partai Politik Pemilu 2024. Sedangkan narasumber kedua dari KPU Kota Batu dengan materi Progres hasil verifikasi factual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik Pemilu 2024 di Kota Batu. Semoga kegiatan berjalan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat dalam pelaksanaan pemilu 2024, ” tambahnya.


Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman, ST pada kata sambutan pembukaan menyampaikan, “Hari ini kita rapat konsolidasi data dan evaluasi pengawasan verifikasi faktual hasil sampling keanggotaan partai politik Pemilu tahun 2024 yang tahapannya dimulai sejak Agustus 2022 dimulai dengan pengumuman, pendaftaran, dan verifikasi faktual administrasi. Partai politik yang sudah ada di parlemen tidak dilakukan verifikasi faktual, Sedangkan partai buruh tidak memenuhi syarat keanggota minimal di Kota Batu sejumlah 216 anggota. Kita memfaktualkan 8 Parpol baru yang telah dilalui tahapannya sampai dengan (4/11/2022).” 

“Kita akan memverifikasi lagi 5 Parpol yang diloloskan Bawaslu sebagaimana Keputusan KPU Nomor 460 tahun 2022 tentang tahapan program dan jadwal penyerahan dokumen persyaratan perbaikan, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD sebagai tindak lanjut putusan Bawaslu RI terhadap Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Republik, Partai Swara Rakyat Indonesia dan Partai Republiku Indonesia,” tambahnya.

“Jangankan tingkatan Kabupaten Kota, di tingkat pusat pun bila KPU mengalami kesalahan administrasi juga dilaporkan sebagai pelanggaran administrasi. Ketika KPU Kota tidak taat azas kalau melakukan kesalahan administrasi akan kita laporkan hingga di sidang Pelanggaran Administrasi tingkat Provinsi. Apabila PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) tidak taat azas dan taat regulasi jangan segan-segan Panwaslucam memberikan surat teguran, kalau sampai 3 kali tidak dihiraukan agar konsultasi ke Bawaslu Kabupaten Kota, “pungkas Ketua Bawaslu Kota Batu. (Erwin) 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment