News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan Membersihkan Masjid Miftahul Jannah Bersama Remaja Masjid

Relawan Membersihkan Masjid Miftahul Jannah Bersama Remaja Masjid

 


Surabaya Jawa Timur - Dalam rangka mewujudkan rasa kebersamaan dan meningkatkan ketaqwaan kepada yang Maha Kuasa, beberapa pemuda dari Sidorejo, Pakal, Surabaya Barat Jawa Timur, yang tergabung dalam Remaja Masjid bersama Komunitas Gerakan Bersih-bersih Masjid Surabaya (Komunitas GBMS), melakukan gotong royong membersihkan Masjid ‘Miftahul Jannah’ Minggu (09/10/2022).

Mereka saling bahu membahu membersihkan kamar mandi, tempat wudhu, menyapu lantai sekaligus mengepelnya. Ada juga yang membersihkan dinding dan kaca jendela. Juga ada yang membersihkan kipas angin dan lampu hias.


Beberapa angota Remaja Masjid, bersama-sama membuang geragal (batu sisa bangunan) dan sampah yang ada di sekitar Masjid. Hal ini untuk mengurangi kesan kumuh. Sebagian yang lain bergotong royong membersihkan karpet menggunakan vacum cleanner.

Momo, salah satu pengurus Masjid menyampaikan  terima kasih yang tak terhingga kepada Komunitas GBMS yang telah ikut berpartisipasi dan memotivasi Remaja Masjid untuk lebih memperhatikan kebesihan Masjid secara bergotong royong, sesuai jargon, “Kebersihan itu Sebagian dari Iman”.

"Masjid ini letaknya sangat strategis dekat dengan Taman Hutan Kota Pakal yang banyak ditumbuhi pohon cemara udang. Setiap hari  libur taman ini banyak pengunjungnya. Masjid ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga sekitar, namun juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung hutan kota untuk melaksanakan ibadah sholat, " kata Momo bangga.


Masih kata pria yang punya perhatian pada upaya pelestarian lingkungan, bahwa Masjid Miftahul Jannah saat ini sedang dalam tahap renovasi, dimana dananya adalah hasil partisipasi warga setempat.

" Selain Uang Kontan, kami juga menerima  sumbangan berupa material seperti pasir, semen, batu dan material lainnya yang di gunakan untuk renovasi masjid," tambah pria berambut gondrong sedikit berombak. 

Sementara Ikbal, salah satu anggota Remaja Masjid mengatakan, bahwa dia merasa senang ikut kegiatan ini. Dia bersama temannya bersemangat membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi.


“Baru kali ini saya ikut kerja bakti membersihkan Masjid. Ternyata seru banget, bekerja bersama-sama teman sambil main air,” katanya sambil tertawa.  

Sedangkan Arif, salah satu anggota Komunitas GBMS, merasa sangat salut dan bangga sekali kepada takmir dan remaja Masjid Miftahul Jannah. Mereka ikut aktif bergotong-royong, saling bahu membahu dalam membersihkan Masjid. Di wajah mereka nampak raut wajah keceriaan, dampaknya terlihat jelas. Sebelum adzan duhur, Masjid sudah dalam kondisi bersih, siap digunakan solat berjamaah. [eB]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment