News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati Hari Anak Nasional, Walikota Batu Kukuhkan Pengurus Forum Anak Mahasatu

Peringati Hari Anak Nasional, Walikota Batu Kukuhkan Pengurus Forum Anak Mahasatu

Walikota Batu saat melakukan pengukuhan Forum Anak Mahasatu 

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu menggelar peringatan di halaman Lobby Balaikota Among Tani, Selasa (26/07/2022) pagi. Dilansir dari Media Sosial IG pemkotbatu_official.

Peringatan Hari Anak Nasional dibuka dengan penampilan dari Adam, Siswa TK Dahlia 1 Desa Bumiaji yang membawakan Syair "Paras Negeriku". Tidak kalah menarik, Penampilan Aulia, Siswa SDN Ngaglik 02 Batu yang membawakan Dogeng Candi Supo, turut mengundang tepuk tangan meriah dari Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko beserta tamu undangan.

Kepala DP3AP2KB Kota Batu, Aditya Prasaja mengatakan, “Peringatan Hari Anak Nasional digelar untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak serta membangun komitmen bersama untuk memenuhi hak-hak anak.Komitmen Pemerintah Kota Batu dalam memenuhi hak anak ini terbukti dengan diraihnya Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya untuk pertama kalinya. Prestasi ini naik satu tingkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni Kategori Madya.”


Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko dalam kesempatan ini mengajak seluruh stakeholder bisa memberikan dan memenuhi hak anak, diantaranya yaitu hak untuk hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Orang tua memiliki peranan penting untuk memberikan perlindungan, Pendidikan dan pemahaman yang baik, agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Walikota Batu sekaligus juga mengukuhkan Forum Anak “Mahkota Anak Wisata Batu” yang disingkat Mahasatu periode tahun 2022-2024, dengan Keputusan Walikota Batu Nomor: 188.45/83/KEP/422.012/2022. Pengurus Forum Anak Mahasatu mempunyai tugas:

1.      Menyusun program kerja;

2.      Memfasilitasi, menjaring dan menyalurkan hak anak;

3.      Mengidentifikasi kondisi sosial budaya dan isu yang terkait dengan hak anak;

4.      Mengupayakan kerjasama dengan pihak swasta;

5.      Mengkoordinasikan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh divisi dalam forum anak;

6.      Melakukan Kerjasama dengan pihak ketiga apabila diperlukan;

7.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada Pelindung Walikota Batu melalui Tim Pembina (Kepala DP3AP2KB, Kepala Bappelitbangda dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu).

Pengurus Forum Anak Mahasatu foto bersama Walikota Batu

Acara tersebut juga untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak berprestasi di Kota Batu mulai dari jenjang PAUD hingga SMP.

Salah satu anak yang dikukuhkan sebagai pengurus Forum Anak Mahasatu Vivian Stella Candani menyampaikan, “Pengurus yang hadir saat dikukuhkan sejumlah 21 anak. Untuk seleksi pengurus dilakukan beberapa kali tahapan antara lain seleksi awal lewat Zoom Meeting secara daring yang diikuti oleh perwakilan pengurus Forum Anak Desa/Kelurahan, perwakilan dari SMP, SMA dan SMK di Kota Batu. Selanjutnya seleksi dilakukan test wawancara pada saat Konggres Anak tahun 2021 lalu.”



“Sewaktu proses seleksi kebetulan saya mewakili SMP Negeri 4 Batu, dan saat ini saya bersekolah di SMK Negeri 1 Batu Jurusan Kuliner. Di kepengurusan Forum Anak Mahasatu kebetulan saya di Divisi I advokasi, sosialisasi, fasilitasi dan partisipasi anak. Selain saya dari SMK Negeri 1 Batu yang masuk jajaran pengurus ada Dimas Wahyu Aji Jurusan Perhotelan di Divisi II Pemantauan, Pemenuhan Hak Dan Pelaksanaan Kewajiban Anak, “pungkasnya. (Erwin)

 





Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment