News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Stand LPBI NU Mendapat Apresiasi Dari Delegasi Manca Negara

Stand LPBI NU Mendapat Apresiasi Dari Delegasi Manca Negara

Pasuruan Jawa Timur - Rumah Resiliensi Indonesia (RRI) (27/5/ 2022) yang disediakan panitia GPDRR ke-7 ini, LPBI NU mendapat sambutan yang luar biasa dari delegasi luar negeri seperti Perancis, Denmark, Jerman, Amerika, India dan Swis. Di acara kunjungan perwakilan delegasi luar negeri di sajikan beberapa produk program ketahanan pangan dan program pengurangan risiko bencana khususnya masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim.

LPBI-NU mengangkat tema lingkungan hidup di tengah perubahan iklim, delegasi ini dipimpin oleh Yoyok Wachyudi , sapaan Gus Yoyok, salah satu motor penggerak Forum Pengurangan Risiko Bencana di Jawa Timur menyampaikan lewat sambungan selulernya Minggu (29/5/2022). Dituturkan bahwa isu nyata yang semakin memprihatinkan saat ini adalah masalah lingkungan Indonesia di tengah perubahan iklim akan berdampak pada ancaman bencana alam, Isu atau permasalahan Lingkungan saat ini di Indonesia yang kita hadapi Polusi, Perubahan iklim, Populasi, Penipisan Sumber Daya Alam, Pembuangan Limbah, Kepunahan Keanekaragaman Hayati, Deforestasi atau Penggundulan Hutan, Fenomena Pengasaman laut, Penipisan Lapisan Ozon, Hujan Asam, dan Rekayasa Genetika.


Gus Yoyok, yang juga pengurus Forum PRB Jawa Timur, didampingi A. Majid Riduwan, menjelaskan masalah lingkungan hidup di Indonesia dan dunia semakin banyak dan penting untuk segera dicari solusinya. Jika berbagai permasalahan lingkungan ini tidak dicari solusi, maka keberlanjutan kehidupan manusia di bumi akan mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan alam menjadi sumber pemenuhan segala kebutuhan hidup manusia, yaitu penyedia udara, air, makanan, obat-obatan, estetika, dan lainnya. Kerusakan alam sama dengan kerusakan kehidupan manusia menjelaskan kepada pengunjung tentang beberapa program kegiatan yang sudah di jalankan. Salah satu diantaranya adalah program lingkungan hidup, dalam bentuk edukasi dan studi konservasi alam yang ditindak lanjuti dengan gerakan penghijauan yang diikuti oleh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Salah satu wujud nyata program LPBI NU yang sudah dijalankanya adalah 9 Program Go Green (Menanam Pohon, Menyuarakan dan mendorong agar semua elemen masyarakat mensukseskan “Go Green Campaign”, Mengefisienkan pengunaan energi listrik sehari-hari dan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan batu bara, Mengurangi penggunaan kertas, Mengefisienkan dan mengurangi pengunaan air yang tidak perlu dalam penggunaannya sehari-hari, Melakukan Perubahan ke Gaya Hidup Hijau yang Ramah Lingkungan, Jika barang atau alat Electronik Rusak, maka berupaya untuk melakukan perbaikan atau Repair, Berkomitmen untuk terus mengajak semua anak bangsa tanpa kecuali, agar dapat terus menyuarakan dan mempromosikan Go Green Indonesia Ku, Menggalakkan Program Perbaikan,” ujar Gus Yoyok.


Sangatlah penting kita bersama-sama bersinergi menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini khususnya masalah lingkungan hidup & perubahan iklim yang saat ini terjadi di Indonesia maupun di dunia untuk mencarikan solusi dan mewujudkan dengan melakukan kegiatan wujud nyata pengurangan risiko bencana bisa kita lakukanan berbagai kegiatan konsep 7 R (Recycle (Mengolah Kembali), Reuse (Memanfaatkan Ulang), Reduce (Mengurangi), Replace (Menggantikan), Replant (Menanam Kembali), Refill  (Mengisi Ulang), Repair (pemeliharaan atau perawatan)

Kita merasa bersyukur bahwa Tuhan Yang Maha Pemurah menganugerahkan kita kekayaan alam yang melimpah. Kita dianugerahi ribuan pulau dan lautan yang luas serta selat-selat dengan sumber daya alam yang lengkap dan berharga,, kita manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menjaga alam ini dari kepunahan dan bencana alam, diakhir penjelasannya, dia berharap, agar hasil dari GPDRR Ke-7 ini nanti bisa ditindak lanjuti dengan kerja-kerja kolaboratif antar pihak, termasuk melibatkan kelompok rentan, kaum marginal dan difabel. Mengingat bahwa bencana adalah urusan bersama. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita. (Y.Amin)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment