News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas Kesehatan Kota Batu Melaksanakan Pembinaan Untuk Pokja Desa Kelurahan Sehat Se Kecamatan Batu

Dinas Kesehatan Kota Batu Melaksanakan Pembinaan Untuk Pokja Desa Kelurahan Sehat Se Kecamatan Batu

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan program Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat tahun 2022 untuk sub kegiatan Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. Dinas Kesehatan Kota Batu Jawa Timur telah melaksanakan Pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kelurahan Sehat se Kecamatan Batu yang dihadiri pengurus Forum Kecamatan (Forkom) Batu Sehat, Pengurus Forum Kota Batu Sehat, dan pengurus Pokja 4 PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Batu. Bertempat di Balai Pertemuan Kecamatan Batu, pada Selasa (31/5/2022).

Pembawa acara Mistatik menyampaikan bahwa peserta dari Pokja Desa Kelurahan untuk Pokja 4 telah hadir semuanya, sedangkan saat acara dimulai dari Pokja Desa Kelurahan Sehat telah hadir dari Desa Oro-Oro Ombo, Desa Pesanggrahan, Desa Sumberejo, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Sisir, Kelurahan Temas, dan Kelurahan Songgokerto, sedangkan yang belum kelihatan Pokja Desa Sidomulyo Sehat.


Acara dibuka oleh Rubi’ati dari perwakilan PKK Kecamatan Batu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rutin Pokja 4 Kecamatan Batu fokus pada lingkungan, sehingga kegiatan Rutin Pokja 4 dan Forum Kecamatan untuk mengisi kegiatan Kota Sehat focus kegiatan dilingkungan. Berharap kegiatan tersebut berdampak positif dengan melakukan Sosialisasi Pembuangan Air Limbah agar tidak mencemari lingkungan. Semoga tidak hanya sosialisasi tetapi ada tindak lanjut yang akan dipandu oleh Dinas Kesehatan.


Sedangkan narasumber Ketua Forum Kota Batu Sehat S. Catur Wicaksono menyampaikan kepada peserta yang hadir bahwa pada tahun 2021 sudah disiapkan dokumen fervikasi nasional, sayangnya masih belum lolos verivikasi lapangan. Tahun 2022 kita siapkan verivikasi lapangan tingkat Provinsi secara dokumen dan lapangannya harus sesuai, dan tahun 2023 kita siapkan dokumen  untuk verivikasi lapangan tingkat Nasional. “Saya berharap semua pengurus agar tetap semangat. Kalau ada pergantian pengurus, Surat Keputusan pengurus dan struktur organisasi harus ada pergantian. Setiap kegiatan harus ada undangan, saat kegiatan harus ada Notulen kegiatan, dokumentasi kegiatan dan Pengurus punya rencana kerja yang bisa terealisasi, “tuturnya.

Narasumber kedua Kukuh Satriya Wijaya dari Dinas Kesehatan Kota Batu, menyampaikan materi Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. Kukuh menyampaikan, “Pengelolaan Limbah Cair rumah Tangga bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran penyakit berbasis lingkungan yang berasal dari kondisi Kesehatan lingkungan yang kurang baik. Limbah cair rumah tangga adalah air limbah domestik/rumah tangga, merupakan limbah cair hasil buangan dari rumah tangga seperti air cuci piring, air bekas mandi dan bekas cuci-cuci. Limbah cair yang tergenang dapat menjadi sumber dari vector penyakit, termasuk kran umum atau wc umum. Air harus bersih dan tidak tercemar limbah cair domestic yang bisa menjadi penyebab penyakit Hepatitis.”


Acara ditutup oleh Hayati, SST, MM. Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Batu dalam kata penutupnya menyampaikan, “Kota Batu sudah 100% ODF (Open Defecation Free = Stop Buang Air Besar Sembarangan Red) dari sisi akses. Tugas kita merubah perilaku masyarakat tepi sungai agar tidak BAB ke sungai.” (Erwin)

 

 

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment