News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gerakan Bersih-bersih Masjid Wujud Kepedulian Warga Surabaya, Terhadap Kebersihan Tempat Ibadah

Gerakan Bersih-bersih Masjid Wujud Kepedulian Warga Surabaya, Terhadap Kebersihan Tempat Ibadah

Surabaya Jawa Timur - Sesungguhnyalah, banyak jalan untuk berbuat kebaikan yang hasilnya langsung bisa dinikmati oleh masyarakat. Diantaranya adalah membersihkan Masjid. Kelihatannya sepele. Namun, jika dipikirkan lebih jauh, kebersihan Masjid itu sangat penting agar jama’ahnya nyaman dan kerasan berlama-lama melakukan ibadah di Masjid.

Begitu juga dengan Komunitas Gerakan Resik-resik Masjid Surabaya, dimana anggotanya ada yang aktif di dalam  Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jawa Timur. Mereka mengawali kegiatan di tahun 2022 ini dengan membersihkan Masjid “Darussalam” Jalan Pucang Adi I\Gang I nomor 1. RT 03, RW 08, Kelurahan Kertajaya  Kota Surabaya, minggu (09/01/2022).


Kegiatan ini sebagai wujud dari sebuah kesadaran bahwa berbuat baik,  sekecil apapun itu perlu sebagai bentuk partisipasi dalam bermasyarakat. Masing-masing personil mengambil peran sesuai kemampuannya, tanpa paksaan harus selalu ikut kegiatan. Mengingat masing-masing anggota memiliki kesibukan sendiri yang harus dihormati.

"Insya Allah kita akan terus belajar untuk menjaga kebersihan lingkungan Masjid, dengan harapan bisa menginspirasi warga sekitar untuk turut serta membersihkan dan peduli terhadap rumah ibadah,” Kata Alvian penuh semangat.

Artinya, jangan hanya menggunakannya saja, dan jangan menyerahkan pemeliharaan Masjid hanya diurusi Takmir dan Merbot saja. Tapi juga harus ikut merawat dan menjaga kebersihan Masjid, karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Yakinlah, jika kondisi Masjid bersih, pasti akan banyak warga yang memanfaatkannya.


“Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Disamping sebagai ladang amal dalam rangka mencari pahala-Nya, juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar para pegiat cinta alam dan lingkungan, baik yang pemula maupun yang sudah menjelang tua,” Kata Basuki saat ditanya manfaat apa yang didapat mengikuti acara Gerakan Resik-resik Masjid.

Masih menurut pria yang aktif sebagai pengurus Forum PRB Jawa Timur, alangkah baiknya jika kegiatan ini juga melibatkan pengurus takmir Masjid setempat, sukur-sukur remaja Masjid juga dilibatkan, sehingga akan semakin tampak ukhuwah islamiyahnya.


“Paling tidak, keberadaan takmir dalam kegiatan ini adalah mengawasi dan mengarahkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kesalah pahaman diantara teman-teman dan takmir, termasuk warga sekitar,” pungkasnya. [eB]

 







Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment