News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lokakarya Penyusunan Panduan Program Rehab Renkon

Lokakarya Penyusunan Panduan Program Rehab Renkon

Surabaya Jawa Timur - Penyusunan Panduan Program Rehab Renkon terkait dengan penanganan bencana, ternyata belum semua OPD (organisasi perangkat daerah), terlibat aktif. Masih sekedar seremonial sambil menunggu arahan dan petunjuk lebih lanjut dari atasannnya. Melalui lokakarya  diharapkan ada perubahan yang signifikan dalam upaya menangani bencana, mengingat masalah bencana itu urusan bersama.

Kegiatan yang di gelar dipenghujung tahun ini bertempat di Hotel Aria, Surabaya, selama dua hari, Kamis – Jumat tanggal 16 – 17 Desember 2021, dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan bidang Kesejahteraan masyarakat Provinsi Jawa Timur, Beni, yang didampingi Gunarso dari bidang Rehab Rekon BPBD Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Beni mengatakan bahwa di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur memiliki potensi bencana. Sehingga semua daerah harus diantisipasi dengan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan pembuatan pedoman program rehab rekon yang bisa direplikasikan di berbagai daerah di Jawa Timur.

“Aturan dari pusat terkait dengan kebencanaan sebenarnya sudah banyak. Tinggal bagaimana menyusun regulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi lokal. Inilah salah satu tugas yang ingin dibahas dalam lokakarya ini,” kata pria yang memiliki usaha kuliner di daerah Mojokerto.

“Saya dari Dinas Pertanian, belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini. Jika ada bencana, biasanya ada staf Dinas Pertanian yang diperintah turun ke lokasi untuk melihat dampak bencana terhadap lahan pertanian. Kemudian dilaporkan ke pejabat atas sebagai bahan pengambilan kebijakan terkait dengan bantuan yang akan diberikan,” Kata Misdi, staf Kesekretariatan, Dinas Pertanian Jawa Timur.


Apa yang disampaikan di atas juga muncul dari beberapa perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menghadiri Lokakarya Pembelajaran dan Konsultasi Publik Panduan Program Rehabilitasi dab Rekontruksi (rehab rekon) Pasca Bencana Provinsi Jawa Timur.

Sementara, Ansila Bere, yang mewakili Siap Siaga, mengatakan bahwa program kemitraan ini sebagai upaya memperkuat penanggulangan bencana di Jawa Timur, dalam bentuk asistensi teknis dalam pengembangan dan penguatan sistem dan kapasitas penanggulangan bencana.

“Penyusunan pedoman ini akan dijadikan acuan untuk menerapkan kebijakan rehab rekon di Jawa Timur secara spesifik sesuai kultur bencananya, termsuk penganggarannya,” Ujarnya menyinggung penyelenggaraan lokakarya ini.

Untuk itulah, masih kata Ansila, berharap melalui kegiatan ini akan diperoleh masukan yang konstruktif dan produktif dari berbagai pihak agar pedoman yang akan dihasilkan, semakin operasional dalam penerapannya di lapangan.

Dalam kegiatan yang berlangsung penuh keakraban itu, Beni juga berharap, setelah panduan ini disusun, wajib kiranya dipublikasikan melalui dinas infokom dengan berbagai produk medianya. Dengan demikian masyarakat luas akan mengetahui produk apa saja yang telah dibuat terkait dengan upaya penanganan bencana di Jawa Timur. Sekaligus diberi penjelasan bagaimana cara masyarakat mendapatkan informasi masalah kebencanaan [eB]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment