News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum Kota Batu Sehat Hearing Dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu

Forum Kota Batu Sehat Hearing Dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu

Kota Batu Jawa Timur – Kabupaten/kota sehat merupakan modal dasar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi idaman bagi setiap penduduk di setiap daerah. Pemberian penghargaan kabupaten/kota sehat dilaksanakan oleh pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat. Kota Batu tahun 2021 ini tidak lolos ferivikasi lapangan untuk memperebutkan predikat Kota Sehat. Bertempat di ruang rapat Dinas Kesehatan Lt 2 Balai Kota Among Tani, semua anggota forum Kota Batu Sehat mengadakan audiensi dengan drg Kartika Trisulandari Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu yang didampingi  Hayati  SST,MM Kabid Kesehatan Masyarakat dan Esty Setya Windari S.KM. Kasi Kesling Senin (6/12/2021).        


Dalam pertemuan tersebut Kartika Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu menyampaikan, “Saya ucapkan banyak terima kasih luar biasa kepada semua anggota Forum Kota Batu Sehat yang telah meluangkan begitu banyak waktu dan energinya untuk Kota Batu.  Sepertinya kita tidak bisa mengejar ketinggalan kita di Kota Sehat karena sejarahnya kita  merupakan kota yang terakhir mengikuti Kota Sehat. Karena sudah 3 tahun, berakhirnya SK dan akhir jabatan bukan berarti akhir dari pengabdian. Bisa dari forum ini nanti bisa perubahan Ketua Forum dan dalam perjalanannya ada perbedaan pendapat dan eyel-eyelan itu merupakan bagian dari dinamisasi. Saya rasa dengan perjalanan waktu ada perbedaan pendapat, saya melihat tim kita ini merupakan tim yang cukup bagus. Saat ada penilaian tim kita ini merupakan tim solid. Saat ada penilaian tim kota layak anak, STBM Award. Mungkin ada fasilitasi yang belum kita berikan, seperti perencaan mau melihat Kota lain ternyata ada pandemi.  Semoga tahun depan kita bisa  melihat daerah lain. Berharap tetap disupport dari forum kota sehat, meskipun belum ada operasionalnya.”

Menanggapi hal tersebut Salma Saftri Ketua Forum Kota Batu Sehat menanggapi, “Bersyukur hari ini kita semua bisa berkumpul dan bersyukur bisa bersama-sama dengan tim ini karena sudah seperti sebuah keluarga yang saling menolong dan kita selalu berharap Kota Batu akan lebih baik. Kita berterimakasih dan mohon maaf bila ada hal-hal yang terjadi. Dan saya sangat berterimakasih atas dukungan hanya dari Dinas Kesehatan, sedangkan ada salah satu OPD yang seharusnya sebagai Bapaknya tetapi kurang memperhatikan. Bappertalitbangda sepertinya setengah hati mengawal Kota Sehat, dan seharusnya Kota Sehat 70% urusan harus di Bappertalitbanda. Karena Kesehatan itu program utama dari isu lingkungan yang seharusnya dimainkan peran tersebut oleh Bappertalitbanda. Rupanya Bappertalitbanda belum bisa memberikan dukungan, ke depan semoga Bappertalitbanda bisa melihat Kota Sehat seperti Dinkes sehingga saat ada penilaian bisa optimal. Dan periode berikutnya perlu ada regenerasi dan saya mundur dari Forum Kota Sehat, karena terlalu banyak pekerjaan yang akan saya kerjakan ditahun mendatang.”


Hal yang sama disampaikan oleh Catur Wicaksono Wakil Ketua Forum Kota Batu Sehat, “Teman-teman memang mempunyai kemampuan masing-masing, dan kami merasa bahwa kurang perhatian dari Bappertalitbanda dan hanya dapat perhatian dari Dinas Kesehatan. Sepertinya Bappertalitbangda belum memainkan peran lebih penting dari proses Kota Sehat ini. Karena Bappertalitbangda merupakan leading sektor dari perencanaan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah.” (Erwin)

 



 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment